Operasi Patuh - Polantas se-Indonesia Sweeping Besar-besaran Mulai Hari Ini, Sasar Pemakai HP

"Operasi ini berdasarkan amanat dari Kakorlantas yang menyoroti permasalahan berlalu lintas, yang berkembang sangat dinamis."

Operasi Patuh - Polantas se-Indonesia Sweeping Besar-besaran Mulai Hari Ini, Sasar Pemakai HP
SURYA MALANG
Ilustrasi razia lalu lintas. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Polda Metro Jaya dan kepolisian daerah lain se-Indonesia menggelar Operasi Patuh Jaya untuk mengantisipasi dampak modernisasi terhadap perilaku bertransportasi masyarakat.

Salah satu yang akan disasar yakni penggunaan ponsel dalam berkendara.

Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Purwadi mengatakan, operasi ini digelar mulai Kamis (26/4/2018) hingga 9 Mei 2018 mendatang atau selama 2 pekan.

"Obyek operasi tidak jauh dari operasi lalin di antaranya, penggunaan ponsel oleh pengendara roda 2 atau roda 4. Penggunaan ponsel masih kami lihat jadi penyebab kecelakaan," kata Purwadi, saat menggelar apel kesiapan Operasi Patuh Jaya di Mapolda Metro Jaya, Kamis (26/4/2018).

Purwadi mengatakan, salah satu dampak modernisasi dalam perilaku berlalu lintas adalah penggunaan ponsel saat berkendara.

"Operasi ini berdasarkan amanat dari Kakorlantas yang menyoroti permasalahan berlalu lintas, yang berkembang sangat dinamis. Jadi, ini adalah antisipasi dampak modernisasi transportasi," ujar Purwadi.

Selain penggunaan ponsel, dalam operasi ini polisi juga akan melakukan penindakan pada pengendara yang melawan arus, membonceng lebih dari 2 orang, berkendara di bawah umur, tidak menggunakan helm, dan pelanggaran lalu lintas lainnya.

"Kemudian operasi ini kami gabungan Dishub dan TNI, agar hasilnya optimal. Kami sadari setiap tahun angka kecelakaan meningkat. Kami harap, angka kecelakaan bisa ditekan hingga 50 persen. Semoga dengan operasi ini, bisa tingkatkan keamanan dan keselamatan, korban meninggal dan luka berat berkurang," kata dia.

Selain itu, tambah dia, operasi ini juga digelar dalam rangka menyambut bulan Ramadan yang akan segera tiba.

Operasi ini digelar serentak di seluruh Indonesia.

Halaman
1234
Editor: Edi Sumardi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help