Manajemen Nipah Mall Optimistis Raih Sertifikat Greenship

memiliki efisiensi energi dalam gedung, terdapat konservasi air hingga penggunaan material bangunan yang ramah lingkungan.

Manajemen Nipah Mall Optimistis Raih Sertifikat Greenship
MUH ABDIWAN
Suasana Nipah Mall & Office Building di jalan Urip Sumiharjo Makassar, Minggu (25/3/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Timur Hasrul

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR --Nipah Mall & Office Building merupakan kawasan komersial hijau pertama di Wilayah Indonesia Timur dengan konsep green building.

Untuk mendapatkan pengakuan tersebut manajemen harus mengantongi sertifikat bangunan hijau dari lembaga sertifikasi yang disebut Greenship.

Greenship terdiri atas dua kategori yaitu existing building dan new building. Nipah Mall & Office Building masuk kategori new building atau bangunan baru.

Baca: Nipah Mall and Office Building Resmi Dibuka untuk Umum

Baca: FOTO: Nipah Mall, Gedung Pertama di Indonesia Timur Pakai Konsep Green Building

"Kita masuk kategori new building sehingga sejak perencanaan sudah didesain berdasarkan kriteria utama untuk mendapatkan sertifikat greenship," kata Penanggung jawab Greenship Nipah Mall, Daud Rianto.

Suasana Nipah Mall & Office Building di jalan Urip Sumiharjo Makassar, Minggu (25/3/2018).
Suasana Nipah Mall & Office Building di jalan Urip Sumiharjo Makassar, Minggu (25/3/2018). (MUH ABDIWAN)

Kriteria untuk mendapatkan sertifikat greenship antara lain luas lahan harus di atas 25.000 meter persegi (m2) dan memenuhi presentasi tata guna lahan sebesar 10 persen dari luas lahan.

Termasuk memiliki efisiensi energi dalam gedung, terdapat konservasi air hingga penggunaan material bangunan yang ramah lingkungan.

"Saat ini kita sudah masuk tahap proses akhir untuk sertifikasi. Tinggal menunggu ujian sidang, prosesnya lumayan panjang kurang lebih tiga tahun," kata Daud saat press conference di mall tersebut, Jumat (6/4/2018).

Pihaknya pun optimis dapat mendapatkan sertifikat greenship, bahkan dengan predikat gold dari Green Building Counsil Indonesia.

Secara keseluruhan bangunan Nipa Mall & Office Building memiliki luas 121,426 sqm dengan luas tanah 3,5 Ha. Untuk area mall memiliki luas 74,352 m2 dan area office yaitu 15,440 m2.(*)

Penulis: Hasrul
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved