Anggaran Belanja Modal Rp 7 Triliun, 90 Persen Dihabiskan XL Axiata untuk Ini

Jaringan 4G LTE XL Axiata telah menjangkau 360 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia

Anggaran Belanja Modal Rp 7 Triliun, 90 Persen Dihabiskan XL Axiata untuk Ini
Vice President (VP) North Region XL Axiata, Desy Sari Dewi (tengah) befoto usai konferensi pers di Hotel Novotel, Selasa (13/2/2018). Sebagai wujud komitmen XL Axiata untuk memberikan peningkatan kualitas data di berbagai sudut daerah Indonesi, XL Axiata menyiapkan 101 ribu Base Transceiver Station (BTS) di seluruh Indonesia pada tahun ini. tribun timur/muhammad abdiwan 

Laporan Wartawan Tribun Timur Hasrul

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR --Tahun ini, XL Axiata berencana akan menambah jumlah BTS baru dengan jumlah relatif sama dengan penambahan di tahun 2017, termasuk untuk perluasan cakupan layanan 4G LTE.

Dimana Tahun 2017 yang lalu, cakupan layanan data 3G/4G LTE XL Axiata mencapai sekitar 93 persen sementara layanan 4G mencapai 85 persen dari total populasi.

Untuk pengembangan jaringan dan juga penerapan teknologi jaringan terbaru & IT untuk memaksimalkan kualitas layanan, XL Axiata akan mengalokasikan 90 persen dari anggaran belanja modal tahun 2018, sekitar Rp 7 triliun.

Dari pembangunan tahun lalu, jaringan 4G LTE XL Axiata telah menjangkau 360 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia, ditopang oleh lebih dari 17.000 BTS 4G dan hampir 46.000 BTS 3G.

Dalam pembangunan jaringan data tersebut, wilayah di luar Pulau Jawa mendapatkan perhatian besar. Dari total BTS yang dibangun sepanjang 2017, 60 persen di antaranya berada di luar Jawa.

"Pembangunan jaringan data di luar Jawa berhasil meningkatkan kualitas layanan dan juga perluasan wilayah layanan," kata Vice President (VP) North Region XL Axiata, Desy Sari Dewi, Selasa (13/2/2018).

Dari total 53,5 juta pelanggan XL Axiata per akhir tahun 2017, tercatat 72 persen dari total pelanggan atau 38,3 juta pelanggan telah menggunakan smartphone. Angka ini meningkat 32 persen dari capaian tahun lalu.

Sementara itu, jumlah pelanggan yang aktif mengkonsumsi layanan data juga telah mencapai 73 persen seiring dengan terus baiknya kualitas layanan Data dan pembangunan jaringan data di berbagai wilayah.

Pencapaian tersebut sesuai dengan hasil yang ditunjukkan parameter Net Promoter Score (NPS) di mana terlihat peningkatan persepsi positif dari pelanggan terhadap kualitas layanan data khususnya untuk jangkauan layanan dan kekuatan sinyal.

Desy berharap pembangunan jaringan data di tahun ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Apalagi akses pelanggan pada berbagai layanan data dengan format video, yang membutuhkan kapasitas besar, menunjukkan peningkatan yang signifikan.(*)

Penulis: Hasrul
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved