Pilgub Sulsel

Prof Bahaking: Penelitian IYL Bisa Hindarkan Anak Bangsa dari Nikah Muda

IYL baru mendapatkan gelar doktor, judul disertasi 'Politik Hukum Pendidikan Dasar Dalam Sistem Pendidikan Nasional'

Prof Bahaking: Penelitian IYL Bisa Hindarkan Anak Bangsa dari Nikah Muda
TRIBUN TIMUR/MUHAMMAD ABDIWAN
Ichsan Yasin Limpo (IYL) promosi doktor di Auditorium Amiruddin, Unhas, Kamis (8/2/2018) pagi. TRIBUN TIMUR/MUHAMMAD ABDIWAN 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Hasim Arfah

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar Bidang Pendidikan, Prof Dr Bahaking mengapresiasi penelitian dan rekomendasi Dr Ichsan Yasin Limpo SH MH dalam bidang pendidikan.

Bahkan, dia menganggap rekomendasi Ichsan YL dapat mengurangi angka putus sekolah dan pernikahan dini dalam kalangan anak bangsa.

Sehingga, dia pun menganggap gagasan IYL bukan cuman untuk Sulawesi Selatan tapi lebih dari itu, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Apalagi, IYL adalah tokoh pencetus pendidikan gratis di Kabupaten Gowa saat menjabat sebagai Bupati Gowa dua periode.

"Pak Ichsan kan sudah punya banyak pengalaman di bidang pendidikan, juga dari kakaknya (Syahrul Yasin Limpo). Karena memang pendidikan itu harus banyak mendapat perhatian dari pemerintah. Apalagi, program pendidikan gratis yang diprogramkan pak Ichsan," kata Prof Bahaking via pesan ke Tribun, Sabtu (10/2/2018).

Ia menganggap putra-putri Sulawesi Selatan harus bisa mencapai pendidikan minimal hingga tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) karena jenjang tersebut sudah cukup matang untuk menentukan arah kehidupannya kelak.

"Karena memang penduduk Sulsel itu wajib belajar 12 tahun bukan lagi 9 tahun. Jadi tidak ada lagi pemuda yang tidak tamat SMA karena dengan tamat SMA sudah lebih baik peluang pekerjanya," katanya.

Menurutnya, ketika putra dan putri Sulawesi Selatan tidak matang dalam maka akan membuat pernikahan muda meningkat.

"Penelitian Doktor Ichsan ini dapat menghindarkan anak bangsa dari nikah muda. Pak Ichsan itukan seluruh anak-anak Sulsel itu wajib belajar 12 tahun karena dengan usia saat sudah tamat SMA sudah cukup matang. Jangan sampai juga dengan rendahnya tingkat pendidikan bisa terjadi pernikahan dini yang dipaksakan," katanya.

"Kalau pendidikan diperhatikan pasti daerah itu akan lebih maju. Apalagi dengan gelar doktor pak Ichsan saat ini bisa menjadi teladan bagi masyarakat untuk berpendidikan tinggi."

Ichsan Yasin Limpo (IYL) dalam berbagai siap menggelontorkan subsidi 1,5 Triliun pertahun untuk perbaikan mutu pendidikan di Sulsel jika terpilih jadi gubernur Sulsel.

IYL baru mendapatkan gelar doktor di bidang ilmu hukum dengan judul disertasi 'Politik Hukum Pendidikan Dasar Dalam Sistem Pendidikan Nasional'.(*)

Penulis: Muh. Hasim Arfah
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved