TribunTimur/

Pilgub Sulsel

Giliran Prof Abdul Razak Gugat Konsep Pendidikan Gratis Ichsan YL

Ichsan pun menjawab pertanyaan ini dengan menceritakan kala dia menjadi bupati Gowa dua periode.

Giliran Prof Abdul Razak Gugat Konsep Pendidikan Gratis Ichsan YL
TRIBUN TIMUR/MUHAMMAD ABDIWAN
Ichsan Yasin Limpo (IYL) promosi doktor di Auditorium Amiruddin, Unhas, Kamis (8/2/2018) pagi. TRIBUN TIMUR/MUHAMMAD ABDIWAN 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Hasim Arfah

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Promovendus Ichsan Yasin Limpo SH MH mendapatkan pertanyaan dari penguji, Prof Dr Abdul Razak.

"Bagaimana Anda menjelaskan pendidikan bisa gratis pendidikan di Sulawesi Selatan," katanya dalam promosi doktor Ichsan Yasin Limpo di Aula Prof Amiruddin, Kampus Universitas Hasanuddin, Jl Tamalanrea, Makassar, Sulsel, Kamis (8/2/2018).

Beberapa tamu dan mahasiswa pun tertawa.

Ichsan pun menjawab pertanyaan ini dengan menceritakan kala dia menjadi bupati Gowa dua periode.

"Kala saya mau menerapkan pendidikan gratis 2007 lalu, semua orang teriak. Mulai dari pemerintah kabupaten hingga pusat,' darimana uangnya dan tidak mungkin mampu,' itu yang mereka sampaikan," katanya Ichsan menjawab pertanyaan Prof Amran Razak.

Ichsan pun menyampaikan untuk mengratiskan semua tingkat sekolah maka perlu mengatur anggaran dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota.

"Bagaimana membiayainya, saya tidak bisa lupa untuk menggratiskan 136 ribu siswa dari SD-SMA di Gowa padahal APBD kita hanya Rp 34 miliar kala itu," katanya.

"Saya pun menghitung anggaran pusat dan provinsi ke kabupaten Gowa, ternyata hanya butuh Rp 12 miliar untuk gratiskan semua siswa.

Saya pun meminta PAD (pendapatan asli daerah) untuk mengalihkan sebagian anggaran untuk ke pendidikan gratis, dan akhirnya bisa digratiskan sekolah dari SD hingga SMA kala itu," katanya. (*)

Penulis: Muh. Hasim Arfah
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help