TribunTimur/

citizen reporter

Peran Sosial Website Masjid Raudhatul Jannah Griya Mulia Asri Makassar

Bagi pembaca yang berminat berkonstribusi tulisan dapat dimuat di website Masjid serta Rubrik Tanya jawab yang diasuh oleh Bapak Dr H Syahrir Nuhung

Peran Sosial Website Masjid Raudhatul Jannah Griya Mulia Asri Makassar
Masjid Raudhatul Jannah Kompleks Griya Mulia Asri, Kelurahan Pai, Kota Makassar 

Jumardi Lanta
Ketua Pengurus Masjid Raduhatul Jannah
Kompleks Griya Mulya Asri Makassar
melaporkan dari Makassar

VISI Masjid Raudhatul Jannah Kompleks Griya Mulia Asri, Kelurahan Pai, Kota Makassar, adalah menjadi pusat terintegrasinya ibadah mahdah dan ghair mahdah (sosial).
Salah satu upaya untuk mencapai visi tersebut adalah pengurus masjid melalui bidang kemitraan, informasi dan komunikasi membuat website sebagai wadah untuk menginformasikan pengelolaan Masjid secara online sejak bulan April tahun 2017 dengan alamat website (hhtp://raudhatuljannah-gma.com), dan email : contact@raudhatuljannah-gma.com

Dalam mengelola Masjid dibutuhkan wadah untuk menginformasikan kegiatan pengurus Masjid dan media dakwah baik secara internal maupun secara eksternal. Apalagi saat ini masyarakat kita lebih familiar dengan media online, salah satu media on line yang dimaksud adalah website.

Dengan adanya media tersebut masyarakat, bukan hanya yang berdomisili di sekitar Masjid tetapi bisa jadi lintas kota/kabupaten, provinsi bahkan listas Negara yang sangat luas jangkauannya. Mereka akan lebih mudah memperoleh informasi terkait kondisi Masjid, baik rencana kegiatan ke depan, dokumentasi kegiatan yang sudah dilaksanakan, kondisi keuangan Masjid maupun artikel atau tulisan yang terkait dakwah maupun yang terkait filsafat, ilmu sosial, ekonomi, kesehatan, pendidikan, lingkungan dan sebagainya.

Berbagai kegiatan pengurus Masjid tahun 2017 dimuat pada website tersebut, mulai profil Masjid, pengelolaan keuangan berbasis bank dimana bendahara tidak lagi menyimpan uang tunai tetapi hanya ATM, termasuk penambahan Bank Reconciliation untuk rekening donasi maupun kegiatan sosial yang dilakukan atas kerjasama Pengurus Majelis Ta’lim dan Pengurus TPA.

Beberapa kegiatan yang dimaksud seperti kajian figih  secara rutin diselenggarakan setiap bulan yang diasuh oleh Ustadz Dr. Abd. Rahim Amin, SH.,M.HI., pembelajaran Al-Quran metode Iqra dan Ummi, kursus Bahasa Arab, kegiatan Ramadhan seperti kegiatan sholat tarawih, khatam quran, buka puasa bersama warga dan anak yatim, penyaluran zakat fitrah serta kegiatan menyambut perayaan Idul Adha 10 Dzulhidjah yakni pemotongan dan pembagian hewan qurban serta perayaan dan peringatan hari-hari besar Islam lainnya seperti menyambut tahun baru Islam 1 Muharram, Maulid dan Israj Mi’raj Nabi Muhammad saw.

Begitupula pembangunan fisik masjid untuk mensupport kegiatan masjid seperti pembangunan rumah Imam, Sekretariat Majelis Ta’lim, dan Gudang Inventaris Masjid. Kemudian pengelola website juga menyiapkan kolom khusus untuk dakwah dan opini.

Masjid Raudhatul Jannah Kompleks Griya Mulia Asri Makassar
Masjid Raudhatul Jannah Kompleks Griya Mulia Asri Makassar ()

Bagi pembaca yang berminat berkonstribusi tulisan dapat dimuat di website Masjid serta Rubrik Tanya jawab yang diasuh oleh narasumber, Bapak Dr.H.Syahrir Nuhung, Lc.M.THi.

Ini hanya langkah awal, bagaimana memanfaatkan wadah website masjid ini sebagai media informasi, komunikasi dan dakwah. Tetapi tidak menutup kemungkinan ke depan bisa terbangun kemitraan antara pihak-pihak terkait untuk pengembangan ekonomi Masjid sebagai wadah peningkatan kesejahteraan pengelola Masjid seperti Imam Masjid, marbor, guru TPA, pengasuh kursus Bahasa Arab dan sebagainya.

Semoga website masjid yang masih dinilai sederhana ini, akan membantu untuk menyebarkan informasi pengalaman pengelolaan masjid yang berbasis pada nilai-nilai partisipatif, transparansi akuntable dan responsive terhadap pencapaian visi misi masjid yang dicita-citakan.(*)

Penulis: Abdul Azis
Editor: Ridwan Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help