2018 Ini Bakal Dibangun Dermaga Kapal Pesiar di Bira Timur Bulukumba

Di tempat tersebut bakal dibangun dermaga kapal pesiar. Tujuannya untuk memudahkan wisatawan mengakses lokasi tersebut.

2018 Ini Bakal Dibangun Dermaga Kapal Pesiar di Bira Timur Bulukumba
firki arisandi/tribunbulukumba.com
Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Bulukumba, Muh Ali Saleng, bakal mengembangkan beberapa pariwisata baru di Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun 2018. 

Laporan Wartawan TribunBulukumba.com, Firki Arisandi

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Bulukumba, Muh Ali Saleng, bakal mengembangkan beberapa pariwisata di Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun ini.

Selain itu, kawasan wisata Tanjung Bira yang menjadi tujuan utama wisatawan, juga bakal ditata lebih baik lagi.

"Kami selalu berupaya untuk menata lebih baik Tanjung Bira ini, khususnya untuk pedagang kaki lima dan pengelolaan sampah," tutur Ali Saleng, Selasa (2/12/2017).

Mantan sekretaris DPRD Bulukumba itu menyebutkan, kendala pengembangan wisata di Bulukumba adalah infrastruktur yang kurang memadai.

Namun saat ini pihaknya terus mengupayakan agar tidak terkendala oleh masalah tersebut. Saat ini, ada beberapa kawasan wisata yang diagendakan bakal dikembangkan di 2018, seperti kawasan Bira Timur di Kecamatan Bontobahari dan Desa Kahayya di Kecamatan Kindang.

Baca: Ada Spot Selfie di Warkop Kahayya Bulukumba

Baca: Merambah Air Terjun Kahayya di Kaki Gunung Lompo Battang

Bira Timur terletak di bagian paling selatan Sulsel dan merupakan ujung atau kaki pulau Sulawesi. Menurut Ali Saleng, daerah tersebut sangat potensial karena memiliki tebing cantik dan juga pasir putih.

"Tempatnya bagus disana, sekitar 20 hektare. Ada tebing-tebing juga mirip Apparalang, kelebihannya di sana juga ada pasir putihnya," tuturnya.

Di tempat tersebut bakal dibangun dermaga kapal pesiar. Tujuannya untuk memudahkan wisatawan mengakses lokasi tersebut.

Selain Bira Timur, pegunungan yang ada di Desa Kahayya juga memiliki potensi pariwisata. Bentangan kaki Pegunungan Lompobattang yang menyentuh daerah ini, terdapat pesona alam perbukitan dan lembabnya udara hutan tropis di Desa Kahayya.

Selain itu, kopi Kahayya yang merupakan ciri khas desa tersebut merupakan salah satu ciri khas yang juga bakal dikembangkan.

"Seperti Desa Kahayya di Kecamatan Kindang. Kami berencana untuk menggabungkan antara ekowisata dan bahari di Bulukumba," jelasnya.(*)

Penulis: Firki Arisandi
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help