TribunTimur/

Yuk Belajar Rencanakan Keuangan Sejak Usia Muda, Ini Tipsnya

Bagi pemula, perencanaan ini dapat dilakukan dengan cara sesederhana membagi pemasukan menjadi beberapa bagian pengeluaran

Yuk Belajar Rencanakan Keuangan Sejak Usia Muda, Ini Tipsnya
HANDOVER
Yuk Belajar Rencanakan Keuangan Sejak Usia Muda 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Perencanaan keuangan akan memungkinkan seseorang untuk
dapat memaksimalkan potensi keuangannya, sehingga dengan perencanaan keuangan yang baik dan dimulai sedini mungkin, seseorang akan mampu mandiri secara finansial lebih cepat.

Bagi pemula, perencanaan ini dapat dilakukan dengan cara sesederhana membagi pemasukan menjadi beberapa bagian pengeluaran dan menentukan limit dari masing-masing bagian pengeluaran tersebut.

Selain dapat mengatur keuangan agar tidak “besar pasak daripada tiang”, perencanaan keuangan model sederhana ini juga dapat memberikan gambaran kemampuan finansial yang kita miliki.

Dengan mengetahui gambaran kemampuan finansial yang kita miliki, kita dapat mengalokasikan jumlah uang yang akan kita tabung secara tepat.

Pada level selanjutnya, rencana keuangan akan berkembang dengan menambah beberapa upaya preventif demi menciptakan perputaran uang yang lebih sehat.

Kini asuransi mulai dinilai sebagai salah satu bentuk upaya preventif yang menguntungkan karena melalui asuransi kita dapat terhindar dari pengeluaran tidak terduga yang mungkin saja datang dalam jumlah yang terlalu besar sehingga dapat mengacaukan rencana keuangan yang kita susun sebelumnya.

Sehubungan dengan kebutuhan mobilitas sehari-hari dan naiknya angka kecelakaan di jalan raya, kini asuransi
kendaraan bermotor mulai banyak dilirik.

Branch Manager Asuransi Astra Makassar, Rangga Septiana menyatakan, saat ini asuransi kendaraan bermotor memang yang paling diminati.

"Tingginya risiko kerugian yang mungkin ditimbulkan akibat kecelakaan di jalan raya menjadi pertimbangan utama pelanggan kami untuk mulai mengasuransikan kendaraannya. Asuransi kendaraan dinilai sebagai salah satu bentuk perencanaan keuangan yang efektif dan menguntungkan," katanya.

Berbagai keuntungan dari perencanaan keuangan melalui asuransi kendaraan bermotor harus diimbangi dengan fasilitas dan layanan yang mendukung dari perusahaan asuransi terkait. (*)

Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help