TribunTimur/

Waspada, Keliru Gunakan Tas Pakai Ulang yang Bisa Sebabkan Keracunan Makanan

Tas pakai ulang dengan penggunaan keliru didapati bisa membawa bakteri penyebab keracunan makanan fatal yang berasal dari daging mentah.

Waspada, Keliru Gunakan Tas Pakai Ulang yang Bisa Sebabkan Keracunan Makanan
Kompas.com
Ilustrasi 

TRIBUN-TIMUR.COM - Tas pakai plastik atau reusable bag menjadi salah satu pilihan seseorang dalam berbelanja.

Pemakaian tas pakai ulang bisa menjadi bukti kepedulian terhadap lingkungan dengan cara mengurangi jumlah sampah plastik. Sayangnya, tas pakai ulang dengan penggunaan keliru didapati bisa membawa bakteri penyebab keracunan makanan fatal yang berasal dari daging mentah.

The Guardian melaporkan bahwa Badan Standar Makanan Inggris (FSA) merekomendasikan agar pembeli menggunakan tas terpisah untuk membawa makanan mentah, makanan siap saji, serta non makanan untuk menghindari kontaminasi silang dari bakteri.

Baca: Ini Promo Dinner BBQ di Pinggir Pool Hotel Aryaduta

Artinya, bila Anda memiliki tas pakai ulang dengan warna-warni yang indah, itu bukanlah sekadar hiasan, melainkan menjadi pembeda untuk setiap jenis bahan yang Anda beli ketika berbelanja.

Misalnya, kantong merah untuk bahan mentah seperti daging, ikan, maupun sayur yang akan dimasak, sedangkan warna kuning untuk sayuran salad dan buah yang siap dikonsumsi, serta warna lainnya untuk membawa bahan non makanan.

"Makanan mentah (daging mentah, ikan mentah dan kerang, sayuran, dan telur) dapat mengandung kuman, baik di permukaan daging maupun di kemasan, yang menyebabkan keracunan makanan," kata situs FSA.

Baca: Danny Pomanto Lengkapi Surat Tugas dari PDIP

"Bahkan makanan mentah yang dibungkus seperti ayam segar, ikan, dan lain-lain tetap bisa dihinggapi serangga berbahaya, seperti lalat kotoran."

FSA mengklaim bahwa kemungkinan bakteri fatal, seperti E. coli dan campylobacter, dapat berpindah dari bahan makanan ke tas pakai ulang, dan kemudian bakteri tersebut akan kembali mengontaminasi produk yang diletakkan di tas tersebut di lain waktu, bahkan saat Anda tidak melihat ada noda kotoran sekalipun.

Sehingga, walau terlihat bersih, apalagi jika ada tanda tumpahan yang jelas, kantong pakai ulang harus dicuci usai pemakaian. FSA menyarankan agar pembeli memberi label atau kode warna yang dapat digunakan untuk membantu membedakan tempat daging mentah dari produk lainnya.

Dengan begitu, Anda tak hanya sayang terhadap lingkungan, namun juga sayang terhadap kesehatan diri dan keluarga.

Berita ini sudah diterbitkan di Kompas.com dengan judul Kontaminasi Silang, Tas Reusable Bisa Sebabkan Keracunan Makanan

Baca: Nurdin Abdullah Mulai Pakai Bus Mewah Sosialisasi Keliling Sulsel

Editor: Sakinah Sudin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help