Polres Barru Sidak PT Conch, Ini yang Diperiksa

Sidak atas instruksi Kepala Polisi Resort (Kapolres) Barru AKBP Burhaman, itu dipimpin Kanit Sabhara Ipda Haeruddin.

Polres Barru Sidak PT Conch, Ini yang Diperiksa
akbar hs/tribunbarru.com
Anggota Polres Barru melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di perusahaan pabrik semen PT Conch di Jl Andi Bau Massepe, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulsel, Senin (2/9/2017). 

Laporan Wartawan TribunBarru.com, Akbar HS

TRIBUNBARRU. COM, BARRU - Anggota Polisi Resort (Polres) Barru melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di perusahaan pabrik semen PT Conch di Jl Andi Bau Massepe, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (2/10/2017).

Sidak atas instruksi Kepala Polisi Resort (Kapolres) Barru AKBP Burhaman, itu dipimpin Kanit Sabhara Ipda Haeruddin.

Kapolres Barru AKBP Burhaman mengatakan, sidak dilakukan karena adanya laporan masyarakat bahwa ada pekerja asing di Barru yang diduga tidak memiliki dokumen resmi.

"Untuk mengantisipasi adanya hal yang tidak diinginkan, maka laporan dari masyarakat dengan cepat kami tindak lanjuti. Karena itu kita ingin lakukan pemeriksaan dokumen warga Asing di Barru," tuturnya.

Dalam sidak tersebut, para tenaga kerja asing itu diminta untuk ikut ke Polres Barru dengan membawa dokumen izin lengkap.

"Di Polres kita akan periksa semua surat-suratnya dan harus yang asli seperti Paspor, Kitas, Imta sebagai persyaaratan resmi untuk tinggal di Indonesia," katanya.

Ia menambahkan, bila ada tenaga kerja asing yang ditemukan dokumennya tidak lengkap maka akan dipulangkan ke negara asalnya.

"Aturannya harus lengkap. Kalau dokumen tenaga asing semuanya lengkap, silakan tinggal. Namun jika tidak maka kami akan koordinasi dengan pihak Kemenkumham untuk dideportasi atau dipulangkan ke negaranya asalnya," tegas Burhaman.

Pantauan tribunbarru.com, dalam sidak tersebut petugas dan pekerja tenaga asing sempat bersitegang. Pasalnya, warga asal tiongkok itu menolak untuk digiring ke Polres Barru.

Para tenaga kerja asing itu akhirnya mengalah setelah pimpinan petugas bersikeras memaksa mereka untuk diperiksa di Polres Barru.

Sebelum menuju Polres Barru, beberapa kunci alat berat milik PT Conch disita oleh petugas tersebut.(*)

Penulis: Akbar
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved