TribunTimur/

Omset Sarang Walet di Parepare Capai Rp 150 Juta pe Bulan

Ia menjelaskan, pola panen sarang burung walet ini bervariasi. menurutnya jika yang baru biasanya sekali sebulan tetapi yang punya omzet ratusan juta

Omset Sarang Walet di Parepare Capai  Rp 150 Juta pe Bulan
TRIBUN TIMUR/MULYADI
Sarang burung walet mulai marak di kompleks Hastom Parepare 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Mulyadi

TRIBUN-TIMUR.COM, PAREPARE-Bisnis budidaya sarang walet di Parepare menjadi salah satu jenis usaha yang marak dikembangkan para pengusaha di Kota Bandar Madani ini.

Omsetnya yang sudah lama mengembangkan bisnis budidaya sarang burung walet pun tidak main-main, bisa mencapai ratusan juta setiap bulannya.

"Sudah ada disini yang mencapai omzet hingga Rp 150 juta setiap bulan,"jelas Accung, salah satu warga Parepare yang mulai merintis sarang walet, Senin (17/4/2017).

Ia menjelaskan, pola panen sarang burung walet ini bervariasi. menurutnya jika yang baru biasanya sekali sebulan tetapi yang punya omset ratusan juta per bulan dan biasanya dipanen setiap dua hari sekali.

"Omset yang mencapai Rp 150 juta ini dipanen setiap dua hari,"ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kota Parepare menjelaskan, jika budidaya burung walet sendiri sudah ditetapkan melalui Peraturan Daerah (Perda) sehingga sudah dikenakan pajak."Sudah ada pajaknya,"jelasnya.

Ia menuturkan, untuk penarikan pajak setiap sarang burung walet ditetapkan berdasarkan berdasarkan besarnya omset sarang yang dimiliki.

"Pajaknya disesuaikan dengan omsetnya dan dilaporkan langsung oleh pemiliknya,"ungkap Nasarong.(*)

Penulis: Mulyadi
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help