• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Tribun Timur

Asia Gantikan Trans-Atlantik

Minggu, 13 Mei 2012 11:19 WITA

BEIJING, TRIBUN-TIMUR.COM - Setelah Perang Dunia II kejayaan ekonomi dunia ada di blok Trans-Atlantik, julukan bagi AS dan Eropa. Kini kejayaan itu tampak bergeser ke Asia. Hal ini tampak akan makin terwujud.
Tiga negara di Asia, China, Jepang, Korea Selatan, memiliki pangsa perekonomian dunia sebesar 19,6 persen. Sebesar 18,5 persen ekspor dunia pada tahun 2012 berasal dari tiga negara ini.

Pada hari Minggu (13/5/2012), China, Jepang, dan Korea Selatan akan membicarakan tahapan pembentukan kawasan perdagangan Asia Timur. Harmonisasi perdangan dan investasi termasuk menjadi pembahasan.

Tiga negara ini sudah intensif berdagangan satu sama lain. Tiga negara ini juga memiliki pangsa perekonomian dunia sebesar 19,6 persen. Sebesar 18,5 persen ekspor dunia pada tahun 2012 berasal dari tiga negara ini.

"Kami setuju bahwa pembicaraan soal ini dimulai akhir tahun 2012. Kami harapkan pemimpin tiga negara segera menyetujui semua ini," kata Menteri Perdagangan Jepang, Yukio Edano usai pertemuan dengan mitranya dari China dan Korea Selatan.

"Kami berniat mewujudkan kerja sama ekonomi tingkat tinggi sebagai bagian dari strategi nasional," kata Noda. Tanpa kerja sama formal saja Asia Timur sudah memiliki hubungan ekonomi yang dalam.

Tiga negara ini sudah saling terkait erat secara ekonomi. Peningkatan kerja sama akan berperan mengatasi berbagai hambatan ekonomi yang terjadi selama ini. Dengan demikian aktivitas ekonomi akan semakin intensif.

Ini jelas membuat jalan makin lempang menuju kejayaan Asia, menggantikan kejayaan hubungan ekonomi Trans-Atlantik. (*)
Editor: Muh. Taufik
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
89397 articles 11 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas