Karena Kakula, Nenek Penjual Roti Bisa Ketemu Menteri

Di usianya yang sudah tua justru ia menikmati hasil permainan musik tradisional itu

Karena Kakula, Nenek Penjual Roti Bisa Ketemu Menteri
ist
alat musik traisional Sulawesi Tengah, kakula
MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM -- Seorang ibu yang sehari harinya menjual roti dan kacang di Palu, Sulawesi Tengah diundang ke Jakarta untuk menerima penghargaan dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata.

Ibu Katija namanya. Wanita berusia 67 tahun akan menerima penghargaan sebagai Maestro Seniman Tradisional di Convention Center Hall Jakarta, Rabu tanggal 6 Juli nanti.

Amin Abdullah, salah satu tokoh seniman di Palu yang akan mendampingi Katija dalam rilisnya kepada Tribun menjelaskan, selain sehari hari menjual roti dan kacang di pasar, Katija juga dikenal sebagai pemain kakula alat musik tradisional di tanah Kaili Palu.

Setiap ada pesta atau sukuran sunatan atau acara potong rambut bayi ia selalu diundang untuk memainkan alat musik tradisional kakula. Ibu yang hanya sekolah di kelas 5 SD itu pun tak pernah bermimpi untuk diundang ke Jakarta menerima penghargaan dari pemerintah.

Apa komentarnya diundang seorang menteri untuk menerima penghargaan? Katija pun bingung. Bagaimana tidak, ia harus ke Jakarta pertama kalinya dan naik pesawat pertama kalinya pula.

Lalu di Jakarta akan tinggal di hotel berbintang seorang diri di dalam kamar yang punya banyak fasilitas yang masih asing baginya.

"Saya ditemani sama Pak Amin Abdullah nanti segalanya dia yang urus saya tinggal ikut saja," katanya dalam bahasa Kaili.

Katija belajar musik kakula dari ibunya. Setiap ibunya bermain di pesta ia selalu ikut dan akhirnya ia pun tertarik memainkan alat musik tradisional Kaili itu.

Di usianya yang sudah tua justru ia menikmati hasil permainan musik tradisional itu. Selain mendapat penghargaan ia pun bisa pertama kalinya naik pesawat udara dan menginjakkan kaki di Jakarta.(*)

Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved