Subsidi Gaji

Pemerintah Telah Salurkan Bantuan Subsidi Gaji ke Rekening Himbara, Bagaimana yang Tak Punya?

Editor: Muh. Irham
Ilustrasi

TRIBUN-TIMUR.COM - Dalam beberapa hari ini, pemerintah telah menyalurkan subsidi gaji kepada penerima. Subsidi tersebut ditransfer melalui bank BUMN seperti BNI, BRI, Mandiri, dan BSI.

Lantas bagaimana pekerja yang tak punya rekening di BUMN/ Himbara? 

Jangan khawatir, pemerintah akan otomatis membuatkan rekening di bank BUMN.

Seperti dilansir dari Kompas.com, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyebutkan, program pemerintah berupa bantuan subsidi upah/gaji (BSU) bagi para pekerja/buruh tahun ini telah tersalurkan kepada 2,1 juta penerima.

"Ini yang sudah bisa ditransfer adalah mereka yang banknya Bank Himbara. Berikutnya akan dibukakan untuk teman-teman pekerja yang belum memiliki rekening Himbara," ujar dia, dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet pada Senin (30/8/2021).

Untuk memudahkan penyaluran BSU tersebut, lanjut Menaker, seluruh penyaluran subsidi gaji ini akan dilakukan melalui Bank Himbara.

Pekerja/buruh yang telah memenuhi persyaratan dan belum memiliki rekening Bank Himbara akan dibukakan rekening baru secara kolektif.

Selain itu, data calon penerima BSU tahun ini juga dipadankan dengan data penerima bantuan sosial (bansos) lainnya, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Prakerja, dan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Hal ini untuk menghindari duplikasi data penerima bantuan pemerintah.

Sementara itu, BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) telah menyerahkan 1,8 juta data calon penerima BSU tahap IV pada Sabtu (28/8/2021) ke Kemenaker sehingga total data BSU mencapai 5,5 juta pekerja.

Halaman
123