Varian Delta

Batuk Kering hingga Gelisah Adalah Ciri-ciri Tertular Corona Varian Delta, WHO Sebut Ada Gejala Baru

Editor: Ansar
Illustrasi batuk- Deretan ciri-ciri Ttrtular Corona Varian Delta, WHO sebut 7 gejala baru termasuk batuk kering hingga gelisah

TRIBUN-TIMUR.COM - Penduduk Indonesia harus tingkatkan kedisipilinan penerapan Protokoler Kesehatan untuk menekan angka Virus Corona.

Data terakhir, kasus harian Covid-19 di Indonesia telah menembus angka 50.000, menyusul varian Delta yang semakin menyebar.

Masyarakat harus semakin waspada, termasuk dengan mengenali gejala virus corona.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO pada pertengahan Juni lalu menyatakan, peningkatan drastis tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit di Indonesia bagi pasien Covid-19 harus menjadi perhatian utama.

Karena itu, WHO meminta Pemerintah Indonesia melakukan penerapan langkah-langkah protokol kesehatan masyarakat yang lebih ketat, termasuk pembatasan sosial berskala besar.

“Dengan meningkatnya penularan karena variant of concern (yang perlu diwaspadai), diperlukan tindakan segera untuk mengatasi situasi di banyak provinsi,” kata WHO dalam laporan situasinya, seperti dikutip Channel News Asia.

Melansir data Satgas Covid-19, pada Kamis, 15 Juli 2021, ada tambahan 56.757 kasus baru virus corona di Indonesia.

Angka itu merupakan yang tertinggi sejak pandemi.

Varian baru virus corona yang lebih menular berada di balik lonjakan kasus di sejumlah daerah di Indonesia seperti Jakarta. Varian baru yang dominan terutama B.1.617.2 atau varian Delta yang pertama kali ditemukan di India.

Jelas, masyarakat harus semakin waspada dengan peningkatan kasus tersebut, termasuk dengan mengenali gejala virus corona. Melansir situs resmi WHO, berikut gejala virus corona baru:

Gejala virus corona yang paling umum:

  • Demam
  • Batuk kering
  • Kelelahan
Halaman
1234