Kanal

Daftar Kegiatan Dilarang di Bulan Ramadan 2020 Selama Wabah Corona, Mulai Sahur on The Road & Bukber

Komunitas Brio se-Makassar melakukan Sahur On The Road gabungan, Minggu (26/5/2019).

TRIBUN-TIMUR.COM - Dampak Virus Corona yang belum bisa diprediksi kapan selesai,membuat pemerintah melalui Kementerian Agama RI, mengeluarkan surat edaran berupa panduan pelaksanaan ibadah di Bulan Ramadan 1441 H atau Tahun 2020.

Bulan Ramadan atau bulan puasa memang sudah semakin dekat diperkirakan akhir bulan April 2020 ini.

Lalu apa saja kegiatan yang biasa kita lakukan di bulan Ramadan tapi kini dilarang akibat wabah pandemi Corona?

Surat edaran berisikan panduan itu ditujukan kepada Kepala Kanwil Kemenag Provinsi, Kepala Kankemenag Kabupaten/Kota, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) seluruh Indonesia.

Kabar Terbaru Soal Gaji ke-13 & THR PNS,TNI,Polri, Sri Mulyani :Sudah Tersedia, Hanya Golongan Ini

"Surat edaran ini dimaksudkan untuk memberikan panduan beribadah yang sejalan dengan syariat Islam sekaligus mencegah, mengurangi penyebaran, dan melindungi pegawai serta masyarakat Muslim di Indonesia dari risiko Covid-19," kata Menteri Agama Fachrul Razi melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin.

 

Fachrul mengatakan, selain ibadah Ramdhan dan Idul Fitri, surat edaran juga mengatur tentang panduan pengumpulan dan penyaluran zakat.

Terdapat 15 poin yang diatur, mulai dari pelaksanaan sahur, Salat Tarawih, tadarus, buka puasa, hingga peringatan Nuzulul Qur'an.

Semua kegiatan ini disarankan untuk diselenggarakan di rumah.

Ada pula panduan mengenai pelaksanaan shalat Idul Fitri, hingga silaturahim keliling atau halal bi halal.

"Semua panduan di atas dapat diabaikan bila pada saatnya telah diterbitkannya pernyataan resmi pemerintah pusat untuk seluruh wilayah negeri, atau pemerintah daerah untuk daerahnya masing-masing, yang menyatakan keadaan telah aman dari Covid-19," kata Fachrul.

Halaman
1234
Editor: Waode Nurmin

Berita Populer