Kanal

Catat Rekor, 213 Alumni Program Profesi Insinyur FTI UMI Terima Surat Tanda Registrasi Insinyur

TRIBUN-TIMUR.COM - Fakultas Teknologi Industri pada Universitas Muslim Indoneia ( FTI UMI ) mencatat rekor.

Sebanyak 213 insinyur alumni Program Studi Program Profesi Insinyur ( PSPPI ) FTI UMI menerima Surat Tanda Registrasi Insinyur ( STRI ) dari Persatuan Insinyur Indonesia Pusat ( PII Pusat ).

Ini capaian terbesar dari kampus penyelenggara PSPPI di seluruh Indonesia.

"Hal ini juga menjadi sejarah dan prestasi bagi PSPPI FTI UMI, di mana jumlah pemegang STRI dari Alumni PSPPI FTI UMI saat ini sebanyak 213 insinyur teregistrasi dan capaian terbesar dari kampus penyelenggara PSPPI di seluruh Indonesia," kata Dekan FTI UMI, Dr Ir H Zakir Sabara HW ST MT IPM ASEAN Eng, Jumat (13/12/2019).

STRI merupakan dokumen yang harus dimiliki setiap insinyur yang akan melakukan praktik keinsinyuran di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran Pasal 10 dan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2019 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran Pasal 17.

Ketua Umum PII Pusat Dr. Ir. Heru Dewanto, IPU (DOK FTI UMI)Ketua Umum PII Pusat Dr. Ir. Heru Dewanto, IPU bersama dengan Direktur Utama PT Pupuk Kaltim, Dr. Ir. Achmad Bakir Pasaman, M.M., M.H., IPU. (DOK FTI UMI)

STRI diperoleh seorang insinyur (alumni PPI) ketika telah melewati uji kompetensi yang diselenggarakan PII dan dinyatakan lulus.

Dalam STRI dimuat jenjang kualifikasi profesi ( insinyur profesional pratama, insinyur profesional madya, insinyur profesional utama ) masa berlaku, yakni selama 5 tahun.

Ketika masa berlakunya habis, maka harus diperpanjang melalui PII sebagai lembaga sertifikasi profesi insinyur.

Perlu diketahui bahwa insinyur yang melakukan kegiatan keinsinyuran tanpa memiliki STRI akan dikenakan sanksi administratif berupa peringatan tertulis dan penghentian sementara kegiatan keinsinyuran bahkan pidana.

Daftar Penerima STRI

Halaman
1234
Penulis: edi sumardi
Editor: Edi Sumardi

Viral Video Gadis Mendadak Jatuh lalu Meninggal di Toserba Disebut karena Virus Corona, Ini Faktanya

Berita Populer