Kanal

Mahasiswa Teknik Industri FTI UMI Buat Sepeda Penyapu Jalan Ramah Lingkungan, Juara di Gorontalo

Sepeda Penyapu Jalan Raya yang Ramah Lingkungan karya mahasiswa Jurusan Teknik Industri pada Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (FTI UMI). - HANDOVER/HARTINI APRIANI

TRIBUN-TIMUR.COM - Mobil penyapu jalan yang harganya ratusan juta hingga miliaran rupiah, kini bisa digantikan dengan yang lebih murah dan ramah lingkungan.

Sebanyak 3 mahasiswa Jurusan Teknik Industri pada Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia ( FTI UMI ) membuat Sepeda Penyapu Jalan Raya yang Ramah Lingkungan.

Alat penyapu jalan atau road sweeper ini berupa sepeda kayuh yang digerakkan tenaga manusia.

Biaya produksi per unit hanya Rp 1 juta.

Karya mahasiswa angkatan 2017 dan 2019 tersebut pun baru saja menjadi juara ketiga dalam Pekan Keilmuan Teknik Industri Teknologi Tepat Guna atau Pentri 2019 Jilid IV yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Negeri Gorontalo, di kampus Universitas Negeri Gorontalo, di Gorontalo.

Mahasiswa Teknik Industri FTI UMI, yakni Muh Akbar Palabiran, Hartini Apriani, dan Dwi Wulandari Thamsyul yang membuat Sepeda Penyapu Jalan Raya yang Ramah Lingkungan. (HANDOVER/HARTINI APRIANI)

Seremoni penganugerahan penghargaan berlangsung, Kamis (5/12/2019).

Atas prestasinya, ketiga mahasiswa Teknik Industri FTI UMI tersebut menerima hadiah uang tunai beserta piagam dan sertifikat.

Ketiganya adalah Muh Akbar Palabiran sekaligus ketua tim, Hartini Apriani, dan Dwi Wulandari Thamsyul.

Sebelum dinobatkan sebagai juara, mereka mengikuti seminar dan melakukan presentasi karya di hadapan para juri.

Hartini Apriani mengatakan, Sepeda Penyapu Jalan Raya yang Ramah Lingkungan tak hanya mampu membersihkan sampah dedaunan, plastik, kertas, atau sampah organik lain di jalan raya.

Halaman
123
Editor: Edi Sumardi

Viral Video Gadis Mendadak Jatuh lalu Meninggal di Toserba Disebut karena Virus Corona, Ini Faktanya

Berita Populer