Kanal

Irjen Firli Bahuri Jadi Ketua, 2 Pejabat KPK Saut & Tsani Mengundurkan Diri, Mahfud MD Sebut Aneh

Irjen Firli Bahuri Jadi Ketua, 2 Pejabat KPK Saut & Tsani Mengundurkan Diri, Mahfud MD Sebut Aneh - KOMPAS.COM/FITRI R

TRIBUN-TIMUR.COM -  Terpilihnya Irjen Firli Bahuri sebagai pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023, membuat sejumlah pejabat lembaga anti korupsi itu memilih mengundurkan diri.

Irjen Firli Bahuri terpilih melalui voting dalam rapat pleno Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta dan mendapat suara terbanyak dengan 56 suara.

Namun jabatan baru Firli itu justru menambah kontroversi dari yang sebelum-sebelumnya.

Dua pejabat KPK yang memilih mundur yakni Pimpinan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang dan Penasihat Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) Mohammad Tsani.

Saut Situmorang mundur sebagai komisioner KPK 2015-2019 hanya dalam hitungan jam setelah DPR memilih lima orang untuk menjadi pimpinan KPK 2019-2023.

Baca: Daftar Kekayaan Lima Komisioner Baru KPK, Siapa Paling Kaya? Ada yang Punya Utang Rp 269 Juta

Baca: PROFIL Firli Bahuri, Polisi yang Dipilih DPR Jadi Ketua KPK & Daftar Dugaan Pelanggaran Etiknya

Baca: Cerita Saudi Penggali Makam BJ Habibie di TMP Kalibata,Rasakan Ini Selama 3 Jam, Mirip Ani Yudhoyono

Baca: KABAR DUKA dari Boy William, Adiknya Raymond Hartanto Tewas saat Tunggangi Honda CBR 250 RR

Irjen Firli Bahuri Jadi Ketua, 2 Pejabat KPK Saut & Tsani Mengundurkan Diri, Mahfud MD Sebut Aneh (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay))

Surat itu dilayangkan Saut Situmorang pada Jumat (13/9/2019) pagi sekitar pukul 08.00 WIB.

Adapun proses pemilihan lima pimpinan KPK yang akhirnya diketuai Firli Bahuri, rampung pada Jumat sekitar pukul 00.45 WIB.

"Saudara saudara yang terkasih dalam nama Tuhan yang mengasihi kita semua, izinkan saya bersama ini menyampaikan beberapa hal sehubungan dengan pengunduran diri saya sebagai Pimpinan KPK-terhitung mulai Senin 16 September 2019," ujar Saut melalui surat elektronik yang dikirimkan ke seluruh pegawai KPK di Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Dalam email tersebut, Saut mengatakan masih ada dua kegiatan lagi di Yogyakarta pada Sabtu-Minggu, 14-15 September 2019 untuk Jelajah Dongeng Antikorupsi.

"Terlebih dahulu, saya mohon maaf sekaligus mengucapkan banyak terima kasih kepada semua Pimpinan KPK Jilid IV (Bunda BP, Bro Alex M, Bro LM Syarif, dan pak bro Ketua Agus R) Struktural, Staf, Security, semua OB yang membersihkan ruangan saya setiap hari dan yg membantu menyiapkan makanan," kata Saut.

Halaman
1234
Editor: Waode Nurmin

Berita Populer