Alhamdulillah, Libur Lebaran Jadi 10 Hari, Catat Tanggalnya Berikut Ini

Editor: Rasni
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi kalender

TRIBUN-TIMUR.COM - Berita gembira bagi umat muslim yang merakan hari lebaran.

Pemerintah menambah hari cuti bersama untuk perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 H yang diperkirakan jatuh pada 15-16 Juni 2018.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani mengatakan, pemerintah menambah tiga hari cuti bersama sebelum dan sesudah Idul Fitri.

"Pemerintah akan menambah dua hari cuti bersama pada tanggal 11-12 Juni dan (satu hari) sesudah Lebaran Idul Fitri pada 20 Juni 2018," kata Puan di Kantor Kementerian PMK, Jakarta, Rabu (18/4/2018).

Baca: Ketua HILLSI Sulsel Siap Bertarung di Pusat

Baca: Miris! Chat Pribadi Bocor, Jawaban Menohok Daus Mini Saat Istri Baru Sebulan Dinikahi Minta Cerai

Baca: Sidang Perdana Kasus Korupsi APBD Sulbar Bergulir Pekan Depan

Pemerintah menambah 3 hari cuti bersama untuk perayaan hari raya Idul Fitri 1439 H yang diperkirakan jatuh pada 15-16 Juni 2018 mendatang. Penambahan hari libur cuti bersama itu dituangkan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri yakni Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang ditandatangani di Kantor Kementerian PMK, Jakarta, Rabu (18/4/2018). (KOMPAS.com/ MOH NADLIR) ()

Pada awalnya cuti bersama ditetapkan sebanyak empat hari yaitu 13,14,18,19 Juni 2018.

Setelah penandatangan SKB 3 menteri itu, maka total cuti bersama bertambah menjadi tujuh hari.

Sementara total libur Lebaran jadi 10 hari (terhitung akhir pekan. Dari tanggal 11 Juni hingga 20 Juni 2018.

Detailnya, yaitu: cuti bersama pada 11, 12, 13, 14 Juni; libur Lebaran 15 dan 16 Juni; 17 Juni adalah hari Minggu; dan cuti bersama 18, 19, 20 Juni.

Menurut Puan, salah satu pertimbangan pemerintah menambah tiga hari cuti bersama tersebut untuk mengurai arus lalu lintas mudik sebelum Idul Fitri dan arus balik.

"Kami harapkan dengan cukup waktunya masyarakat untuk bisa bersilaturahim sebelum dan sesudah Idul Fitri bisa bermanfaat, bertemu dengan keluarganya di luar kota," kata Puan.

Baca: 25 Mahasiswa Universitas Satria Makassar Disidang di PN Makassar

Baca: Diberitakan Bertemu Cokko-cokko dengan NH, Faisal Amir Datangi Polda Sulse

Baca: PKPI Sah Jadi Peserta Pemilu 2019, Segini Jumlah Partai yang Ada di Soppeng

Penambahan hari libur cuti bersama itu dituangkan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, yakni Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Semoga semua hal yang dipersiapkan bisa dijalankan dengan baik. Kami berharap apa yang dilakukan saat ini tentu saja bermanfaat bagi masyarakat dalam rangka melakukan silaturahmi," tutur Puan.

Adapun menteri yang mendatangani SKB tersebut adalah Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur. (Kompas.com)