USN Kolaka

Pengambilan Sumpah 27 Dosen USN Kolaka, Rektor: Harus Produktif di Tengah Kesibukan 

Rektor USN Kolaka, Nur Ihsan HL mengingatkan agar seluruh dosen tetap fokus menjalankan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Editor: Muh Hasim Arfah
dok USN Kolaka
Rektor USN Kolaka, Nur Ihsan HL mengambil sumpah 27 Dosen di lingkup Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka di Auditorium USN Kolaka, Rabu (18/1/2023). 

TRIBUN-TIMUR.COM- Sebanyak 27 dosen Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka diambil sumpahnya atas jabatan fungsional asisten ahli.

Rektor USN Kolaka, Dr Nur Ihsan HL mengingatkan agar seluruh dosen tetap fokus menjalankan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi, meskipun di tengah kesibukan tugas tambahan.

"Harus tetap produktif di tengah kesibukan, meskipun ada tugas tambahan misalnya jadi Kaprodi atau jabatan lainnya," ujar Nur Ihsan di Auditorium USN Kolaka, Rabu, 18 Januari 2023.

Kinerja Perguruan Tinggi saat ini, Nur Ihsan menjelaskan, sangat bergantung pada kinerja dosen. 

Khususnya peran dosen sebagai penyelenggara Tri Dharma. 

Dosen, kata dia, menjadi satu-satunya "pintu" USN Kolaka untuk meraih predikat akreditasi Baik Sekali.

Baca juga: Rektor USN Kolaka Dr Nur Ihsan: Percepat Ketersediaan Sarpras Jadi Prioritas Tahun 2023

"Tidak ada jalan lain, untuk peningkatan akreditasi, pintu utamanya di SDM sembari mengimbangi dengan sarpras," kata Nur Ihsan. 

Saat ini, kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari bidang pendidikan dan pengajaran, bidang penelitian, serta bidang pengabdian kepada masyarakat menjadi kewajiban dosen untuk terus dilaporkan setiap semesternya. 

Laporan tersebut diunggah secara digital melalui sebuah sistem terintegrasi berbasis web bernama Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER).

Rekaman kinerja bidang penelitian seperti publikasi yang tersebar di berbagai penerbit baik dalam negeri maupun luar negeri membutuhkan metode tersendiri untuk dapat dikumpulkan. 

Telah adanya standar tersendiri dalam komunikasi antar sistem khususnya yang berbasis web di saat ini tentu lebih mempermudah dalam pengumpulan berbagai data yang tersebar tersebut.

Sebagai contoh, untuk mengumpulkan informasi publikasi yang dimiliki oleh dosen saat ini telah dilakukan oleh sistem yang disebut dengan Science and Technology Index (SINTA). 

Baca juga: Fisip Unhas Terima Kunjungan Kerja USN Kolaka

Sistem SINTA mengumpulkan kinerja publikasi dosen untuk kegiatan penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat dan kemudian diberikan penilaian dengan skor tertentu sesuai standar perhitungan yang telah ditetapkan. 

"Dari skor inilah kinerja dosen dan perguruan tinggi secara otomatis dapat dilihat dan diukur. Dengan demikian, kinerja perguruan tinggi akan sangat bergantung dari kinerja dosen yang ada di dalamnya," jelasnya.

Pada kegiatan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Fungsional Akademik Dosen Asisten Ahli USN Kolaka, turut hadir para dekan, kabiro, dosen dan staf lainnya.(*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved