Opini Tribun Timur

100 Tahun Fadeli Luran, Warisan Persatuan Umat dan Lembaga Kemasyarakatan

Warisan almarhum Fadeli Luran, tidak hanya IMMIM yang mengelola dua pesantren, dengan tiga kampus.

Editor: Saldy Irawan
DOK PRIBADI
Ismail Suardi Wekke 

Ismail Suardi Wekke
STIA Abdul Haris, Makassar

 

TRIBUN-TIMUR.COM - Pembukaan Islamic Centre IMMIM setelah renovasi, sekaligus menjadi momentum memeringati 100 tahun Fadeli Luran. Salah satu pendiri, dan menjabat ketua umum DPP IMMIM sampai akhir hayat.

Warisan almarhum Fadeli Luran, tidak hanya IMMIM yang mengelola dua pesantren, dengan tiga kampus.

Pesantren untuk putra di Tamalanrea, dan Moncongloe. Sementara pesantren putri berkampus di Minasate’ne, Pangkajene Kepualauan.

Tetapi juga diantaranya Rumah Sakit Islam Faisal.

Semasa hidupnya, juga turut menjadi pengurus Badan Wakaf Universitas Muslim Indonesia. Begitu dengan bergabung menjadi renovasi pembangunan Masjid Raya Makassar.

Sosok Fadeli Luran merupakan perpaduan antara pengusaha, purnawirawan militer, cendekia, ulama. Sehingga untuk menyematkan satu atribut saja, sukar bagi saya untuk menyebutkan itu.

Kalau Ketua Umum DPP IMMIM, Prof. Dr. Ahmad Sewang menyebutnya pemersatu umat. Dimana selama hidupnya, Fadeli Luran kelahiran Enrekang dan wafat di Jakarta, selalu menyerukan pada persatuan.

Belum lagi, institusi. Baik didirikan dengan keikutsertaan tangan beliau. Atau lembaga dimana almarhum pernah menjadi salah satu pengurus.

Dengan dasar itulah, mendirikan IMMIM bersama-sama tokoh lintas organisasi. Sehingga dalam perjalanan IMMIM, kita bisa lihat ada pengurus yang juga aktif di Muhammadiyah. Begitu pula dengan NU, dan organisasi lainnya. 

Sehingga, dalam kepengurusan IMMIM merupakan cerminan masjid yang tidak melihat identitas organisasi sebagai pembeda, tetapi justru menjadi kesatuan jamaah.

IMMIM merupakan organisasi kemasjidan awal yang berkiprah di Makassar. Namun, dalam daya komunikasi dan jejaring, juga turut menjadi bagian pemrakarsa pendirian masjid sampai ke tanah Papua.

Salah satu jamaah di Teminabuan, Sorong Selatan, Papua Barat Daya menyatakan bahwa masjid yang dibangun di Teminabuan, ketika diresmikan turut dihadiri Fadeli Luran, dalam kapasitas sebagai ketua umum DPP IMMIM.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved