Pemilu 2024

465 Calon Anggota PPS Barru Lolos Seleksi Administrasi

Sebanyak 465 calon anggota Panitian Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan lolos seleksi administrasi.

Penulis: Darullah | Editor: Sukmawati Ibrahim
DARULLAH / TRIBUN TIMUR
Komisioner KPU Barru Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Lilis Suryani. Diketahui sebanyak 465 calon anggota Panitian Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel) dinyatakan lolos seleksi administrasi. 

TRIBUNBARRU.COM, BARRU - Sebanyak 465 calon anggota Panitian Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel) dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Peserta tersebut akan melanjutkan ke tahapan seleksi computer assisted test (CAT).

Hal itu diungkapkan Komisioner KPU Barru Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Lilis Suryani kepada TribunBarru.com, Jumat (6/1/2023).

"Seleksi tertulisnya akan menggunakan CAT, kita sudah bekerja sama pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Barru dan pihak SMP Padaelo, Kecamatan Tanete Rilau untuk pelaksanaannya," kata Lilis Suryani.

"Pelaksanaan seleksi calon PPS dengan menggunakan sistem CAT, dinilai lebih efektif dan efisien. Sehingga mereka yang dinyatakan lulus, memang yang benar-benar terbaik," jelasnya.

Seleksi CAT akan berlangsung pada 9 Januari 2023 di Gedung SMP Padaelo, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulsel.

Lilis Suryani mengatakan, sebaran pendaftar di setiap desa dan kelurahan sudah memenuhi dua kali kebutuhan calon anggota PPS.

Kebutuhan anggota PPS di tiap kelurahan sebanyak tiga orang.

"Berarti pendaftar calon anggota PPS minimal harus ada enam orang di masing-masing kelurahan atau desa," ujarnya.

Sementara jumlah desa dan kelurahan di Kabupaten Barru yaitu 55.

Pihaknya mengimbau kepada peserta seleksi CAT agar banyak belajar tentang kepemiluan.

"Kami imbau mereka yang lolos seleksi administrasi dan akan mengikuti CAT pada tanggal 9 Januari nanti, agar banyak belajar tentang kepemiluan," imbaunya.

"Karna tidak ada jaminan bagi PPS lama, semua berlaku sama. Jika lulus itulah yang terbaik," tegasnya.

Setelah mengikuti seleksi tertulis pada 9 Januari, pihak KPU akan mengumumkan hasilnya pada 12-14 Januari 2023.

Selanjutnya, mereka yang lulus akan mengikuti tes wawancara pada 15-17 Januari, dan hasilnya akan diumumkan 18-20 Januari.

Sementara pelantikan anggota PPS terpilih diagendakan pada 24 Januari 2023. (*)

Laporan jurnalis TribunBarru.com, Darullah, @uull.dg.marala

 

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved