Cuaca Buruk di Sulsel

187 Rumah Warga di Sidrap Rusak Diterjang Angin Kencang

Sebanyak 187  rumah warga di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, rusak akibat diterjang angin kencang, Selasa (3/1/2023) dini hari.

Penulis: Nining Angraeni | Editor: Sukmawati Ibrahim
BPBD Sidrap
Salah satu rumah diterjang angin kencang di Sidrap - Diketahui sebanyak 187  rumah warga di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, rusak akibat diterjang angin kencang, Selasa (3/1/2023) dini hari.     

TRIBUNSIDRAP.COM, SIDRAP - Sebanyak 187  rumah warga di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, rusak akibat diterjang angin kencang, Selasa (3/1/2023) dini hari.

187 rumah rusak tersebut tersebar di 11 kecamatan di Kabupaten Sidrap.

Yakni Kecamatan Dua Pitue, Kecamatan Kulo,  Kecamatan Watang Sidenreng, Kecamatan Tellu Limpoe, Kecamatan Panca Lautang, Kecamatan Maritengngae, Kecamatan Panca Rijang, Kecamatan Watang Pulu, Kecamatan Baranti, Kecamatan Pitu Riawa, Kecamatan Pitu Riase.

"Kami telah melakukan assessment terkait peristiwa angin kencang yang terjadi Selasa (3/1/2022) pukul 01.30 Wita. Terdapat 187 rumah mengalami kerusakan di beberapa kelurahan/desa di 11 kecamatan yang tersebar di Sidrap," kata Kepala Pelaksana BPBD Sidrap, Sudarmin kepada Tribun Timur, Rabu (4/1/2023).

187 rumah yang terdampak itu rinciannya 160 rumah rusak ringan, rusak sedang 18 rumah, dan rusak berat 9 rumah.

Dia mengatakan, tidak hanya rumah yang terdampak, sarana pendidikan, tempat jualan warga, hingga gedung pemerintahan juga diterjang angin kencang.

Yakni 2 sarana pendidikan dan 1 Unit Gedung Olahraga, 4 warung cendol rusak berat dan 1 rusak ringan, serta 1 gedung pemerintahan.

"Terdapat satu warga yang mengalami luka di bagian kaki dan ada 9 kepala rumah tangga yang mengungsi akibat peristiwa angin kencang tersebut," tuturnya.

Lebih lanjut, Sudarmin menuturkan, BMKG Wilayah IV Makassar telah mengeluarkan peringatan dini cuaca di Sulawesi Selatan.
Peringatan dini tersebut selama tujuh hari mulai 3-9 Januari 2023.
"Jadi prakiraan tanggal 3-9 Januari 2023, terjadi hujan dengan intensitas lebat dan angin kencang yang cenderung terjadi pada dini hari sampai pagi hari di daerah Sulsel termasuk di Sidrap," jelasnya.

Sudarmin pun mengimbau kepada warga Kabupaten Sidrap agar tetap waspada dan hati-hati saat beraktivitas.

Berikut rincian kerusakan rumah di 11 kecamatan yang ada di Kabupaten Sidrap:

1. Kecamatan Kulo (18 Rumah): 18 Unit Rumah Rusak Ringan.

 2. Kecamatan Watang Sidenreng (21 Rumah) : 1 Unit Rumah Rusak Berat, 20 Unit Rusak Ringan.

 3. Kecamatan Dua Pitue (34 Rumah) ; 1 Unit Rumah Rusak Sedang, 33 Rusak Ringan 2 Sarana Pendidikan (RR) 1 Gedung Olah Raga (RS)

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved