Kemenag Sulsel

Upacara HAB 77, Kawil Kemenag Sulsel Bertemakan Adat Nusantara

Kanwil Kemenag Sulsel menggelar Upacara Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) di ke 77 di Aula Mina Asrama Haji Sudiang Makassar, Selasa (3/1/2023).  

Penulis: Faqih Imtiyaaz | Editor: Sukmawati Ibrahim
FAQIH/TRIBUN TIMUR
Kanwil Kemenag Sulsel menggelar Upacara Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) di ke 77 di Aula Mina Asrama Haji Sudiang Makassar, Selasa (3/1/2023). Pelaksanaan upacara digelar dengan nuansa berbeda dan unik. Seluruh peserta upacara memakai pakaian adat Nusantara.   

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar Upacara Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) di ke 77 di Aula Mina Asrama Haji Sudiang Makassar, Selasa (3/1/2023).

Pelaksanaan upacara digelar dengan nuansa berbeda dan unik.

Seluruh peserta upacara memakai pakaian adat Nusantara.

Mulai dari baju bodo, hingga baju ada Toraja

Upacara diikuti sekitar 500-an peserta tahun ini digelar di dalam ruangan, dikarenakan kondisi cuaca Kota Makassar diguyur hujan lebat disertai angin kencang.

Sejumlah pejabat tampak hadir. Ada dari Kodam XIV Hasanuddin, Polda Sulsel, FKUB Sulsel, para Pimpinan Majelis Agama Agama Provinsi serta seluruh pejabat eselon III di jajaran Kemenag Sulsel.

Kakanwil Kemenag Sulsel Khaeroni menyebut, tujuan hari amal bakti sebagai upaya menjaga kerukunan umat 

"Tujuan dari hari amal bakti bagaimana kita dapat mewujudkan kerukunan umat, maka di Sulsel kita lakukan berbagai rangkaian kegiatan dari awal Desember sampai dengan pertengahan Januari," ujar Khaeroni.

"Selama 4 hari berturut-turut kami melakukan ajangsana kepada majelis umat beragama, dan ini juga merupakan bagian dari upaya untuk memberikan kerukunan umat beragama," lanjutnya.

Di 2023, Khaeroni ingin toleransi umat beragama semakin ditingkatkan.

Bukan hanya secara verbal, tapi dalam bentuk perilaku bermasyarakat

"Toleransi perlu diwujudkan secara positif, sehingga kita secara fisik, bersama-sama seluruh elemen dapat memberikan darma bakti kepada bangsa," tegas Khaeroni.

Perayaan HAB ke-77 ini berlangsung begitu meriah.

Para ASN Lingkup Kemenag hingga pimpinan majelis agama saling berbaur.

Nampak suasana penuh senyuman memperlihatkan kerukunan umat bergama.

"Mudah-mudahan kementerian agama semakin eksis dan semakin dapat memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara," tutup Khaeroni. (*)

 

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved