Sektor Pertanian Jadi Bantalan Perekonomian Nasional

Kinerja Kementerian Pertanian (Kementan) selama tiga tahun terakhir ini patut diberikan apresiasi karena dicapainya di tengah situasi dunia yang sulit

Editor: Content Writer
DOK KEMENTAN
Kepala Biro Humas dan Informasi Publik, Kementan, Kuntoro Boga Andri. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Kinerja Kementerian Pertanian (Kementan) selama tiga tahun terakhir ini patut diberikan apresiasi karena dicapainya di tengah situasi dunia yang sulit, masa pandemi covid 19 dan berbagai tantangan global lainya.

Selama Pandemi Covid-19, sektor pertanian menjadi bantalan perekonomian nasional, sesuai data BPS, pertumbuhan PDB pertanian Triwulan II 2020 tumbuh 16,24 persen, satu-satunya sektor yang tumbuh positif sementara sektor lainya alami kontraksi.

"Nilai ekspor pertanian pun alami peningkatan. Di 2021 mencapai Rp 625,04 triliun, meningkat 38,69 % dibandingkan tahun 2020. Daya beli petani juga membaik. NTP terus meningkat dan bahkan Januari-Maret 2022 di atas 108," demikian kata Kepala Biro Humas dan Informasi Publik, Kementan, Kuntoro Boga Andri di Jakarta, Minggu (1/1/2023).

Kuntoro menjelaskan kebijakan dan program strategis Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam peningkatan produksi pertanian pun berdampak pada serapan penggunaan dana KUR.

Untuk pembiayaan pertanian, KUR dimanfaatkan dalam mengatasi anggaran APBN yang terbatas.

"Selama tahun 2020 - 2022 kinerja KUR sektor pertanian memperlihatkan hasil menggembirakan. Realisasi KUR tahun 2020 mencapai Rp 55,30 triliun. Artinya terealisasi 110,62

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved