Tribun Video

Video: Warga Bajo Barat Luwu Hadang Kendaraan Tambang Ilegal Masuk

Masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Amukan Masyarakat Aliran Sungai Suso (AMASS) menutup paksa jalan di Desa Saronda, Kecamatan Bajo Barat, Luwu.

TRIBUN-TIMUR.COM, LUWU - Aliansi Amukan Masyarakat Aliran Sungai Suso (AMASS) menutup paksa jalan di Desa Saronda, Kecamatan Bajo Barat, Kabupaten Luwu.

Masyarakat bantaran Sungai Suso, Kecamatan Bajo Barat sudah lama resah dengan aktivitas tambang ilegal di wilayahnya yang merusak kualitas air sungai.

Aliansi menilai dialog dengan Rusli beserta SKPD terkait masih belum menemukan titik terang.

Tuntutan warga untuk menutup aktivitas tambang ilegal sampai saat belum dikabulkan.

Wakil Jenderal Lapangan AMASS Muhammad Ali Asytar menerangkan, penutupan jalan merupakan aksi lanjutan dari demonstrasi yang mereka lakukan di Gedung DPRD Luwu.

Ali menambahkan, aliansi sepakat untuk mendirikan pos jaga untuk mencegah kendaraan tambang ilegal masuk beroperasi.

"Iya, ini merupakan aksi lanjutan aliansi. Setelah melakukan demonstrasi dan dialog dengan Ketua DPRD Luwu Rusli Sunali bersama SKPD terkait, kami rasa masih mengambang," ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (26/12/2022).

Terkait penutupan jalan, kata Ali, Aliansi sudah berkoordinasi dengan Polres Luwu sekitar untuk melakukan izin pemeriksaan kendaraan.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pitu (DPMPTSP) Rahmat Andi Parana menerangkan, izin pertambangan dikeluarkan oleh provinsi.

Sedangkan pihaknya hanya melakukan pengawasan di lapangan.

Rahmat menambahkan, saat ini ada satu tambang emas yang surat perizinan provinsi yang tak ia dapatkan.

"Terkait tambang galian C wewenangnya di provinsi. Kami hanya berfungsi untuk mengawasi. Roby dan Ali Perkasa galian C sudah mendapat izin," ujarnya, Rabu (21/12/2022).

Tonton videonya. (*)

Laporan Jurnalis Tribun Timur Muh Sauki Maulana 

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved