BPNB

Pemkab Gowa Terima Bantuan dari BPNB Untuk Penanganan Banjir dan Longsor

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Gowa untuk penanganan bencana banjir dan longsor. 

Humas Pemkab Gowa
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menerima secara simbolis bantuan yang diserahkan oleh Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, Mayjen TNI Fajar Setyawan di Ruang Kerja Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kantor Bupati Gowa, Senin (26/12/22).      

TRIBUN-GOWA.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Gowa untuk penanganan bencana banjir dan longsor. 

Bantuan tersebut diterima secara simbolis Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan diserahkan Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, Mayjen TNI Fajar Setyawan di Ruang Kerja Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kantor Bupati Gowa, Senin (26/12/22). 

Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, Mayjen TNI Fajar Setyawan mengatakan pemerintah pusat berupaya memberikan penanganan secepat mungkin kepada daerah-daerah yang terjadi bencana. 

"Kebijakan pemerintah pusat jangan sampai masyarakat terlalu lama menderita sehingga kebutuhan logistik harus terpenuhi," ujarnya.

Sebagai bentuk percepatan, pihaknya meminta pemerintah daerah mengeluarkan SK tanggap darurat sebagai kelengkapan admintrasi agar penanganan bisa tertangani. 

"Kita berikan secara simbolis sembari dilakukan kelengkapan administrasi. Di Sulsel sendiri ada enam lokasi yang kita kunjungi yaitu Gowa, Maros, Makassar, Takalar, Wajo dan Soppeng," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, ada dua jenis bantuan yang diserahkan oleh pemerintah pusat.

Yakni senilai Rp 100 juta dalam bentuk selimut 2.000 pcs dan Rp 250 juta untuk operasional penanganan darurat bencana. 

"Alhamdulillah hari ini kita mendapat bantuan dari pemerintah pusat melalui BNPB RI, ini kita langsung serahkan senilai Rp 250 juta dana siap pakai kepada camat dan tripika setempat untuk penanganan longsor," katanya.

"Dan bantuan operasional selama di lapangan, ditambah bantuan logistik berupa selimut untuk memastikan semua masyarakat yang mengungsi bisa tertangani dengan baik," sambungnya. 

Ia mengaku, pemerintah daerah akan selalu berkoordinasi dengan pemerintah setempat terkait penanganan bencana. 

Terbukti dirinya bersama TNI-Polri dan SKPD terkait turun langsung melakukan peninjauan di Kecamatan Parangloe. 

"Kita terus memantau progres penanganan bencana, alhamdulillah sekarang tim sedang berusaha membuka akses jalan yang tertimbun akibat longsor," tuturnya. (*)

Laporan TribunGowa.com, Sayyid Zulfadli

 

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved