Bupati Barru Ikut Menanam Bibit Mangrove di Area Tambak Unhas: Penting untuk Menjaga Biota Laut

Penanaman mangrove ini berlangsung di area Tambak Unhas yang berlokasikan di Desa Bojo,Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru

Penulis: Siti Aminah | Editor: Abdul Azis Alimuddin
DOK PRIBADI
Bupati Barru, Suardi Saleh lakukan penanaman bibit mangrov di di area Tambak Unhas, Selasa (21/12/2022). 

TRIBUNBARRU.COM, BARRU - Pusat Pengendalian Pembangunan Ekonomi (P3E) Sulawesi dan Maluku, Universitas Hasanuddin (Unhas), IKA Unhas gandeng Pemda Barru lakukan penanaman bibit pohon mangrove.

Penanaman mangrove ini berlangsung di area Tambak Unhas yang berlokasikan di Desa Bojo,Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Sulsel, Rabu (21/12/2022).

Bupati Barru, Suardi Saleh yang juga hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada panitia yang menjadikan Kabupaten Barru sebagai pusat penanaman pohon mangrove.

"Penanaman mangrove ini sangat penting dilakukan untuk menjaga sarana ekosistem bagi biota laut, seperti udang, kepiting dan juga untuk mencegah terjadinya abrasi pantai," ujarnya.

Ia berharap hasil penanaman mangrove ini terus dijaga dan diperhatikan.

Karena dengan adanya tanaman mangrove yang lebat dan rapat ini dapat menjadi tempat berlindung ikan, udang, dan hewan kecil lainnya.

Akar tersebut juga berperan dalam menyediakan makanan untuk hewan laut dan dapat mensejahterakan masyarakat sekitar.

"Selain itu, tanaman mangrove ini juga bisa dijadikan bahan penelitian bagi adik mahasiswa untuk kegiatan penelitian," tandasnya.

"Alhamdulillah saat ini sudah ada dua jurusan Unhas yang ada di Barru yang lokasi gedung kampusnya terletak di Kantor Bupati Lama," bebernya.

Tujuannya, kata Suardi Saleh, selain karena kebanggaan, kami juga memiliki potensi perikanan yang mumpuni di Barru.

Kepala KP3L Sulawesi Maluku, Taufan Nuri mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemda Barru, Unhas serta IKA Unhas atas terlaksananya kegiatan ini.

"Momentum penanaman pohon mangrove ini penting untuk kita lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan," terangnya.

"Dan pada intinya kita telah melaksanakan keputusan presiden," ujarnya.

Sementara Ketua PSL Unhas, Anwar Daud menjelaskan tanaman mangrove ini memiliki manfaat besar di bidang kesehatan di mana sebagian besar bagian dari tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan alami.

Selain itu beberapa spesies tanaman mangrove juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan insektisida dan pestisida alam.

Turut dihadiri pada kegiatan ini Ketua Tim Penggerak PKK, Forkopimda, Sekda Barru, Ketua IKA Unhas, KPH Ajattapareng, dan para pejabat lingkup Pemda Barru.

 

Laporan jurnalis TribunBarru.com, Darullah, @uull.dg.marala

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved