KPU Barru Gelar Uji Publik Rancangan Penataan Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD

Komisioner KPU Barru Masdar mengatakan uji publik hari ini untuk memetakan rancangan daerah pemilihan dan alokasi kursi DPRD Barru

Penulis: Darullah | Editor: Ari Maryadi
Foto Darullah
KPU Barru menggelar Uji Publik terkait rancangan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD Barru di Hotel Youtefa Barru, Rabu (14/12/2022). (Foto Darullah) 

TRIBUNBARRU.COM, BARRU - KPU Barru menggelar  Uji Publik terkait rancangan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD Barru pada Pemilu 2024.

Rapat tersebut berlangsung di Hotel Youtefa Kabupaten Barru, Sulsel, Rabu (14/12/2022).

Anggota KPU Barru Divisi Tehnis dan Penyelengaraan, Masdar mengatakan uji publik hari ini untuk memetakan rancangan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Barru pada Pemilu 2024 mendatang.

"Hingga saat ini, penambahan jumlah penduduk di Barru tidak terlalu signifikan," ujarnya.

"Kemungkinan 5 tahun kedepan baru bisa bertambah menjadi 200 ribu penduduk," katanya.

Masdar memaparkan Kabupaten Barru pada Pileg 2019 menetapkan 5 Dapil, dari yang sebelumnya pada Pileg tahun 2014 hanya tiga Dapil saja, dengan jumlah kursi sama yaitu 25 orang.

KPU mencatat hanya ada 190.529 jiwa total jumlah penduduk di Barru.

Sehingga tidak memenuhi target untuk menambah 5 kursi lagi di DPRD Barru.

Karena sesuai syarat minimal 200 ribu jiwa lebih baru bisa menjadi 30 Kursi DPRD Barru, dari yang saat ini hanya 25 kursi saja.

"Jadi tidak ada penambahan jumlah kursi di DPRD Barru," tandasnya.

"Karena sesuai aturan, bisa terjadi penambahan kursi DPRD jika jumlah penduduk sebanyak minimal 200 ribu orang," terangnya.

Ketua KPU Kabupaten Barru, Syarifuddin mengatakan sesuai PKPU Nomor 6 Tahun 2022, pada tahapan penataan dapil, KPU kabupaten/kota harus membuat maksimal tiga rancangan dapil.

Selanjutnya rancangan dapil tersebut diumumkan kepada publik untuk meminta tanggapan masyarakat, kemudian dilakukan uji publik, lalu diserahkan ke KPU RI melalui KPU Provinsi Sulsel.

"Untuk Barru sendiri ada dua rancangan dapil yang diuji publik, diantaranya yaitu rancangan pertama terdiri atas lima dapil sebagaimana merupakan dapil yang sama seperti perhelatan Pemilu 2019," ungkapnya.

"Yang kedua, rancangan terdiri atas tiga dapil yang disampaikan KPU setempat sebagai pembanding," tambahnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua DPRD Barru Lukman T, Wakapolres Barru Kompol Akbar, Ketua KPU Barru Syarifudin H Ukkas, Komisioner KPU Masdar, Lilis Suryani, Ormas dan pimpinan partai.

Laporan jurnalis TribunBarru.com, Darullah, @uull.dg.marala

Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved