Citizen Reporter

Dosen Pertanian UMI Ajar Ibu-ibu di Pangkep Olah Rumput Laut Jadi Stik

Inilah yang dilakukan di Desa Tamangapa, Kecamatan Ma'rang, Kabupaten Pangkep, Sulsel, pada tahun 2022 ini.

Penulis: CitizenReporter | Editor: Edi Sumardi
pembuatan stik rumput laut 1
Pelatihan pembuatan stik rumput laut bagi warga di Desa Tamangapa, Kecamatan Ma'rang, Kabupaten Pangkep, Sulsel. Kegiatan ini digelar Tim Pengabdi Fakultas Pertanian UMI. 

Dr Andi Maslia Tenrisau Adam SP MSi

Tim Pengabdi Fakultas Pertanian UMI ( Universitas Muslim Indonesia )

Melaporkan dari Makassar, Sulsel ( Sulawesi Selatan )

PEMBERDAYAAN masyarakat dalam pengolahan hasil laut telah banyak dilakukan antara lain pengolahan hasil perikanan berupa ikan, kerang, rumput laut dan lainnya.

Masyarakat yang tersentuh di pedesaan adalah kelompok tani, kelompok wanita tani dan masyarakat umum, namun masih sedikit yang melakukan pemberdayaan pada perempuan pengikat rumput laut.

Perempuan pengikat rumput laut yaitu perempuan yang melakukan aktivitas mengikat bibit rumput laut dengan upah yang minim dan pendapatan yang diperoleh hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pada umumnya peran mereka dalam pola nafkah pengikat rumput laut berdampak dalam menambah pendapatan keluarga.

Inilah yang dilakukan di Desa Tamangapa, Kecamatan Ma'rang, Kabupaten Pangkep, Sulsel, pada tahun 2022 ini.

Tujuan Program Pengabdian kepada Masyarakat ( PKM ) pemberdayaan perempuan pengikat rumput laut melalui pembuatan stik rumput laut (Eucheuma cottonii) untuk meningkatkan peran perempuan yang mandiri secara ekonomi berupa peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam pengolahan hasil perikanan serta peningkatan pendapatan dan kesejahteraan keluarga.

Metode yang dipakai dalam pemberdayaan perempuan pengikat rumput laut adalah pemberian pelatihan pengolahan rumput laut menjadi produk stik rumput laut.

Selain itu dilakukan pendampingan pada bidang manajemen usaha dan strategi pemasaran, agar mereka mampu membuat usaha yang menggunakan bahan yang mudah diperoleh dan dapat dipasarkan secara luas.

Stik rumput laut mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan yang terdiri atas protein, mineral dan sumber serat sehingga dapat memenuhi gizi masyarakat.

Stik rumput laut merupakan makanan ringan atau cemilan berupa stik yang terbuat dari rumput laut dengan penambahan tepung terigu dan tapioka sehingga dapat menjadi pilihan alternatif makanan sehat.

Proses pembuatan stik rumput laut terdiri dari dua tahap yaitu pembuatan bubur rumput laut dengan cara rumput laut (eucheuma cottonii) dicuci dalam air bersih dan telah direndam selama kurang lebih 1-2 hari lalu diblender sampai menjadi bubur, kemudian pembuatan stik rumput laut yaitu melalui proses:

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved