Polbangtan

Polbangtan Gowa Dorong Dosen Jadi Peneliti Bersertifikasi Internasional

Menurut Mentan, SDM pertanian yang andal berkualitas, profesional, dan berdaya saing menjadi faktor penting pembangunan pertanian di Indonesia

Penulis: Faqih Imtiyaaz | Editor: Muh. Irham
ist
Suasana Workshop dan Sertifikasi Internasional Polbangtan Gowa di Ibis Styles Ratulangi Makassar 

GOWA, TRIBUN-TIMUR.COM - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terus menekankan pentingnya dosen kampus vokasi kementerian pertanian untuk meningkatkan kapasitas diri.

Menurut Mentan, SDM pertanian yang andal berkualitas, profesional, dan berdaya saing menjadi faktor penting pembangunan pertanian di Indonesia.

“Karena keberhasilan pembangunan pertanian terletak pada kekuatan SDM pertanian yang berkualitas, handal, profesional serta berdaya saing," ujar Syahrul Yasin Limpo, Kamis (1/12/2022)

Hal senada juga disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi.

Menurutnya, SDM pertanian mulai dari petani, penyuluh, dosen dan tenaga pendidik harus terus menambah ilmu, menambah pengalaman, meningkatkan kapasitas.

“Dosen merupakan pendidik profesional yang memiliki tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat”, kata Dedi.

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa sebagai salah satu kampus vokasi di bawah Kementerian Pertanian pun terus berusaha mengembangkan kualitasnya.

Polbangtan Gowa dituntut dapat menghasilkan inovasi dalam membantu solusi permasalahan petani dan memberikan kemanfaatan sosial ekonomi bagi masyarakat secara luas.

Salah satu upayanya dengan melaksanakan penelitian-penelitian yang bermutu dan mampu diterapkan oleh masyarakat luas.

Polbangtan Gowa bersama Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (P2SDM) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IPB University menggelar Workshop dan Sertifikasi Internasional  selama tiga hari Senin-Rabu (28-30/11/2022) di Hotel Ibis Style Ratulangi Makassar.

Workshop dan Sertifikasi ini tentang Metodologi Penelitian Terapan

Direktur Polbangtan Gowa Syaifuddin  menyampaikan seorang dosen harus memulai langkahnya dari riset.

“Dosen Polbangtan harus memulai langkahnya dari riset. Sejak dahulu para dosennya sudah dilatih untuk meneliti, yang hasil penelitiannya kemudian disampaikan kepada mahasiswa. Sehingga pembelajarannya akan selalu berbasis riset," kata Syaifuddin.

“Kalau mau meneliti harus ada masalah, kemudian dari masalah ada kerangka pikir yang dikembangkan, kemudian ada metodologi yang digunakan sebagai jalan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan, kemudian ada data yang dianalisis, sehingga muncul kesimpulan” Lanjutnya.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved