Breaking News:

Pemilu 2024

KPU Makassar Temukan Anggota Parpol Daftar PPK, Siapa Dia?

Namun pendaftar tersebut masih diverifikasi administrasi hingga hari ini, Kamis (1/12/2022). Hasilnya akan diumumkan besok, Jumat (2/12/2022).

Penulis: Wahyudin Tamrin | Editor: Saldy Irawan
TRIBUN TIMUR.COM
Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara KPU Makassar, Gunawan Mashar 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pendaftaran panitia pemilihan kecamatan (PPK) telah ditutup sejak 29 November 2022. Data yang diperoleh, jumlah pendaftar di Sulawesi Selatan sebanyak 13.737 orang.

Namun pendaftar tersebut masih diverifikasi administrasi hingga hari ini, Kamis (1/12/2022). Hasilnya akan diumumkan besok, Jumat (2/12/2022).

Mereka yang mendaftar di Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA), tidak semua memenuhi persyaratan administrasi.

Di Kota Makassar misalnya, KPU menemukan ada anggota partai politik (parpol) mendaftar jadi PPK di SIAKBA. Padahal itu melanggar aturan administrasi.

"Perekrutan PPK ditemukan pendaftar ternyata masuk namanya di sipol sebagai anggota partai," kata Komisioner KPU Makassar Gunawan Mashar, Kamis (1/12/2022).

Gunawan menyebutkan mereka yang ditemukan namanya tercatat sebagai anggota partai politik harus membuat surat pernyataan bahwa dirinya bukan lagi anggota partai politik.

Selain itu juga dari partai tersebut harus memberikan keterangan bahwa yang bersangkutan bukan anggota partainya.

"Yang seperti itu kemarin kan di SIAKBA mengharuskan surat pernyataan bahwa sudah hilang namanya dari keanggotaan parpol," kata Gunawan.

"Mereka akan diterima jika surat-surat yang diharuskan oleh SIAKBA ada. Misalnya keterangan dari partai bahwa sudah dihilangkan," Gunawan menambahkan.

Selama proses perekrutan PPK, KPU juga membuka help desk untuk menampung tanggapan masyarakat.

Gunawan meminta masyarakat menyampaikan langsung ke KPU jika mengetahui ada pendaftar PPK bermasalah.

"Kami juga membuka satu help desk untuk tanggapan masyarakat bagi pendaftar yang namanya ternyata ada di sipol," kata Gunawan.

Sebelumnya pendaftaran calon anggota PPK telah dibuka sejak 20 November hingga 29 November 2022.

Kemudian penelitian administrasi calon anggota PPK juga dilakukan mulai 21 November 2022.

Verifikasi administrasi itu akan dilakukan hingga hari ini, Kamis (1/12/2022).

Hasilnya akan diumumkan besok, Jumat (2/12/2022).

Jika ada kecamatan belum memenuhi kuota dua kali kebutuhan atau sepuluh, maka KPU akan memperpanjang pendaftaran calon anggota PPK. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved