Polda Sulsel Bidik Tersangka Korupsi BNPT Rugikan Negara Rp 20 Milliar, Cek Fakta-faktanya

Hasil audit itu telah dikantongi Subdit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Sulsel.

Penulis: Muslimin Emba | Editor: Saldy Irawan
Tribun Bali/Dwi Suputra
Ilustrasi korupsi- Kerugian negara akibat dugaan korupsi penyaluran bantuan pangan non-tunai (BNPT) di Sulawesi Selatan, mencapai Rp 20 milliar. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kerugian negara akibat dugaan korupsi penyaluran bantuan pangan non-tunai (BNPT) di Sulawesi Selatan, mencapai Rp 20 milliar.

Hal itu terkuak dari hasil audit penghitungan kerugian negara oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Hasil audit itu telah dikantongi Subdit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Sulsel.

Untuk itu, Subdit Tipidkor Polda Sulsel pun mulai membidik para calon tersangka dalam kasus rasua tersebut.

Dirkrimsus Polda Sulsel Kombes Pol Helmi Kwarta Rauf mengatakan, personelnya saat ini tengah menggenjot penyelidikan kasus korupsi itu.

Langkah pertama yang akan dilakukan kata dia, dengan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi yang diduga terlibat.

"Setelah kita terima hasil audit BPK, ini harus kita konfrontir dulu dengan nama-nama yang muncul dalam hasil pemeriksaan tersebut," kata Helmi Kwarta ditemui di Mapolda Sulsel, Rabu (30/11/2022) siang.

Langkah konfrontir, lanjut Helmi diperlukan untuk menetapkan peran para tersangka.

"Contoh dalam bahasa buku (hasil pemeriksaan BPK) itu menyebutkan si A menerima berapa, kemudian si A menyerahkan kepada siapa, maka kita akan lakukan pemeriksaan lebih lanjut," ujarnya.

Lebih lanjut, eks Dirresnarkoba Polda NTB itu nilai kerugian negara sebesar Rp 20 milliar itu diambil dari penyaluran yang tersebar di setiap kabupaten/kota penerima.

"Ini keseluruhan dari masing-masing kabupaten/kota, untuk seluruh memang beda-beda (nilainya)," ucap Helmi.

"Namun, secara keseluruhan sekitar Rp 20 miliar, tapi untuk pastinya beda-beda," sambungnya.

Diendus sejak 2021

Subdit Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Sulsel, mengendus adanya dugaan korupsi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di 24 Kabupaten/Kota.

Halaman
1234
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved