Budaya Dosen Menulis Buku, Rektor USN Kolaka: Kampus Siapkan Finansialnya

Nur Ihsan pun berharap seluruh Dosen USN Kolaka juga bisa memanfaatkan waktu dan menyempatkan untuk memulai menulis dan menerbitkan buku di tengah kes

Penulis: Siti Aminah | Editor: Ari Maryadi
ISTIMEWA
Workshop Penulisan Buku, di Hotel Sutan Raja Kolaka, Rabu 30 November 2022. 

TRIBUN-TIMUR.COM -- Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Nur Ihsan mendong lahirnya banyak penulis buku dari kalangan dosen.

Menurutnya, budaya dosen menulis buku harus dipacu.

Selain sebagai implementasi dari profesionalisme seorang pendidik, produktivitas dosen USN Kolaka dalam menerbitkan buku diakuinya masih terbilang minim.

"Jujur, saya juga bisa dibilang masih belum terlalu produktif. Setahun ini hanya bisa membuat dua-tiga tulisan saja, begitu juga dengan karya ilmiah dalam bentuk jurnal tidak terlalu banyak. Meski di tengah kesibukan, saya sesekali sempatkan menulis," ucap Nur Ihsan dalam sambutannya pada kegiatan Workshop Penulisan Buku, di Hotel Sutan Raja Kolaka, Rabu 30 November 2022.

Nur Ihsan pun berharap seluruh Dosen USN Kolaka juga bisa memanfaatkan waktu dan menyempatkan untuk memulai menulis dan menerbitkan buku di tengah kesibukannya.

Ia berharap, dengan budaya dosen menulis buku, bisa meningkatkan produktivitas para dosen dan sekaligus menunjang peningkatan akreditasi kampus.

Pihak kampus, kata Nur Ihsan, siap memberikan dukungan hingga ketahap bantuan finansial pembiayaan penerbitan buku bagi Dosen USN Kolaka.

Bahkan, menurutnya setiap tahun harus ada target tertentu dalam hal penerbitan buku.

"Budaya penulisan buku bagi dosen perlu dipacu, agar tidak tertinggal dengan perguruan tinggi lain. Kami serius mendukung dalam hal finansial penerbitan bukunya, kalau perlu setiap tahun ada targetnya dosen USN Kolaka bisa menerbitkan buku berapa banyak," harap Nur Ihsan.

Usai membuka kegiatan Workshop Penulisan Buku, Rektor USN Kolaka juga melakukan penandatanganan kerjasama dengan pihak DeePublish dalam penerbitan buku.

Kesepakatan kerjasama tersebut ditandatangani oleh Nur Ihsan selaku Rektor bersama Prof. Retno Widyani mewakili pihak DeePublish.

Workshop Penulisan Buku USN Kolaka mengangkat tema Pengembangan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Abad 21 di Perguruan Tinggi.

Menghadirkan tiga narasumber yakni, Prof. Dr. I Wayan Dirgeyasa, M.Hum dari Universitas Negeri Medan, Prof. Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd dari Universitas Negeri Jakarta dan Prof. Dr. drh. Retno Widyani, M.S., M.H dari perwakilan dari DeePublish.

Ketua Panitia Workshop Penulisan Buku, Hendri Yawan mengatakan kegiatan ini dikhususkan untuk para Dosen USN Kolaka sebagai peserta.

Dosen Bahasa Inggris FKIP USN Kolaka itu berharap, output dari kegiatan tersebut seluruh dosen yang telah mengikuti pelatihan mampu menghasilkan minimal satu buku ajar atau buku referensi.

"Minimal dosen sudah tahu mau menulis apa dan bagaimana menuangkannya dalam buku ajar atau buku refrensi," harapnya.

Kegiatan Workshop ini berlangsung selama dua hari. Ratusan Dosen USN Kolaka akan dibekali sejumlah materi, mulai dari konsep dan strategi penulisan buku, penanggulangan dan pencegahan plagiarisme hingga best practice penulisan buku ajar dan buku refrensi.

Para narasumber juga akan menyempatkan waktunya dalam pendampingan langsung terkait outline buku yang telah disiapkan para dosen.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved