Pilkades Barru

Berharap Pilkades Damai, Bupati Barru Minta Panitia Profesional dan Paham Aturan

Pihaknya menekankan agar panitia dalam melaksanakan tugasnya harus berlaku netral dan tidak memihak kepada salah satu calon. 

Penulis: Darullah | Editor: Saldy Irawan
Humas Pemkab Barru
Bupati Barru, H Suardi Saleh membuka Bimtek Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa serentak bagi Panitia Tingkat Desa dan KPPS se Kabupaten Barru, Senin (28/11/2022). 

TRIBUNBARRU.COM, BARRU - Bupati Barru H Suardi Saleh menegaskan bahwa sumber kegaduhan dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa pada umumnya disebabkan karena panitia penyelenggara kurang memahami aturan dan terkesan tidak profesional. 

Bupati menegaskan hal itu pada saat membuka Bimbingan Tehnis (Bimtek) Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa serentak bagi Panitia Tingkat Desa dan KPPS se Kabupaten Barru, Senin (28/11/2022).

Kegiatan tersebut berlangsung di Baruga Singkerru Adae, kompleks rujab bupati.

"Saya tegaskan, jadilah panitia yang profesional dan memahami aturan Pilkades," lebih tegasnya. 

"Sehingga dengan memahami itu, dapat meminimalkan masalah dan munculnya riak-riak yang dapat memicu kegaduhan," tandas Suardi Saleh

Bimtek yang dilaksanakan hari ini, kata  Suardi Saleh, tujuannya untuk memberi pemahaman kepada panitia, agar dalam penyelenggaraan Pilkades berjalan sesuai aturan. 

Keberhasilan Pilkades sangat ditentukan oleh panitia. 

"Oleh karenanya Panitia harus bekerja dengann baik dan sesuai ketentuan, baik yang diatur dalam Undang-undang, Peraturan Menteri, maupun Peraturan Bupati (Perbup)," paparnya.

Pihaknya menekankan agar panitia dalam melaksanakan tugasnya harus berlaku netral dan tidak memihak kepada salah satu calon. 

Selain itu, yang  tidah kalah pentingnya Panitia harus meminimalkan munculnya masalah yang dapat mengganggu pelaksanaan pesta demokrasi Pilkades yang akan kita laksanakan secara serentak. 

"Saya harap kepada peserta untuk mengikuti Bimtek secara sungguh-sungguh, sehingga Ilmu yang didapatkan dapat diaplikasikan dilapangan," harapnya. 

"Sehingga Pilkades dapat berjalan aman, damai dan sejuk," pungkas Bupati. 

Pelaksanaan Bimtek Penyelenggaraan Pelkades serentak bagi Panitia Tingkat Desa dan KPPS se Kabupaten Barru diikuti 28 orang Ketua Panitia Tingkat Desa dan 143 orang  KPPS. 

Selain menerima materi dari para narasumber, Peserta juga akan melakukan Simulasi Pelaksanaan Pilkades.

Laporan jurbalis TribunBarru.com, Darullah, @uull.dg.marala

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved