Wali Kota Parepare Taufan Pawe Raih Penghargaan Nasional Bhumandala Award

Kategori penghargaan nasional yang diberikan kepada Taufan Pawe yaitu Bhumandala Nawasena. 

Penulis: Wahyudin Tamrin | Editor: Saldy Irawan
DOK PRIBADI
Walikota Parepare Taufan Pawe (tengah) saat menerima penghargaan Bhumandala Award 2022 di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (25/11/2022) malam.   

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Walikota Parepare Taufan Pawe dianugerahi penghargaan Bhumandala Award 2022. Penghargaan berskala nasional itu merupakan Simpul Jaringan Terbaik melalui Jaringan Informasi Geospasial Nasional.

Kategori penghargaan nasional yang diberikan kepada Taufan Pawe yaitu Bhumandala Nawasena. 

Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Muh Aris Marfai menyerahkan langsung penghargaan itu kepada Taufan Pawe di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (25/11/2022) malam.

Turut hadir dalam acara penganugerahan itu yakni Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar. Sementara Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa hadir secara virtual.

“Alhamdulillah, Kota Parepare kembali mendapat pengakuan dari Pemerintah Pusat atas kerja-kerja terintegrasi dan inovatifnya yang berbuah penghargaan Bhumandala Award," kata Taufan Pawe, Sabtu (26/11/2022).

"Parepare mendapatkan penghargaan Kategori Bhumandala Nawasena atau diartikan sebagai masa depan yang cerah,” tambahnya.

Ketua DPD I Golkar Sulsel itu menekankan pentingnya Simpul Jaringan melalui Jaringan Informasi Geospasial Nasional.

Sebab hasil data geospasial akan menjadi informasi geospasial yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam perumusan kebijakan, pengambilan keputusan, dan pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan ruang kebumian.

Dalam mendukung informasi geospasial, Pemerintah Kota Parepare membangun Simpul Jaringan Geospasial yang telah terintegrasi dengan Forum Satu.

Data pada Simpul Jarigan Geospasial merupakan data tentang lokasi geografis, dimensi atau ukuran, dan/atau karakteristik objek alam dan/atau buatan manusia yang berada di bawah, pada, atau di atas permukaan bumi, dapat dilihat secara visual dan saling terkoneksi ke lebih dari 200 geoportal se-Indonesia.

“Parepare baru mulai membangun simpul jaringan pada tahun 2021, dan masih banyak yang harus dikembangkan seperti penyiapan SDM di setiap SKPD terkait dan penyiapan peralatan operasional standar BIG. 
Karena itu pengembangan Simpul Jaringan Kota Parepare didampingi oleh Unhas yang dikoordinasikan melalui Bappeda Kota Parepare,” kata walikota dua periode itu.

Penghargaan Bhumandala Award ini juga diikuti oleh Kementerian, Lembaga, TNI, Polri serta Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota yang mengolah data spasial secara tertib, terukur, dan terintegrasi.

Penghargaan Bhumandala Award ini dimaksudkan mendorong tata kelola data spasial berkualitas untuk Indonesia yang lebih baik. Ada empat kategori penghargaan dalam Bhumandala Award tahun ini.

Selain Parepare, daerah lainnya untuk Kota yang menerima penghargaan adalah Mojokerto dan Padangpanjang.

Untuk Kabupaten, ada Kotabaru, Bangkalan, Berau, dan Tabalong. Dan untuk Provinsi, Papua, Aceh, dan Lampung.

Dari jajaran Pemkot Parepare yang turut hadir mendampingi Walikota Parepare menerima penghargaan di antaranya Asisten I Setdako Amina Amin, Asisten II Suriani, Kepala Bappeda Samsuddin Taha, Sekretaris Bappeda Zulkarnaen Nasrun dan jajaran Bappeda, Direktur RSUD Andi Makkasau Renny Anggraeny Sari, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Andi Ardian Asyraq, dan jajaran terkait lainnya. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved