Rektor UT Prof Ojat Raih Penghargaan 10 Pemimpin Terbaik Bidang Pendidikan di Asia 2022

Rektor UT meraih penghargaan dari Majalah CEO Insight Asia selaku pemimpin terbaik pada bidang pendidikan di Asia tahun 2022.

Editor: Content Writer
DOK UT
Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof. Ojat Darojat, M. Bus, PhD 

TRIBUN-TIMUR.COM - Rektor UT Prof Ojat Darojat, M.Bus, PhD, meraih penghargaan dari Majalah CEO Insight Asia selaku pemimpin terbaik pada bidang pendidikan di Asia tahun 2022.

Piagam penghargaan itu ditandatangani oleh Managing Editor CEO Insight Asia, Sujith Vasidevan.

Penghargaan pengakuan global tahunan ini adalah manifestasi dari pemikiran pemimpin bidang terkemuka di Asia dalam mendorong lembaga pendidikan menuju pengembangan yang lebih baik di masa akan datang.

Hal tersebut dikemukakan Guru Besar Program Doktor Ilmu Manajemen UT dan juga Marketing Representatif UT, Prof Dr H. Abdul Rahman Rahim, SE MM kepada media di Makassar, Sabtu (26/11/2022).

Pada wawancara Rektor UT Prof Ojat dengan majalah itu mengatakan, pihaknya ingin melihat UT menjadi pemimpin di Asia untuk pendidikan terbuka dan jarak jauh.

Dengan global standar yang dapat menjangkau semua orang, termasuk mereka yang tinggal di tempat yang paling terisolasi atau lokasi terpencil di mana akses ke pendidikan tinggi sangat sulit.

Istilah "keterbukaan" bisa diterapkan secara luas untuk setiap orang, tempat, ide, atau pemikiran, serta penerapan metode baru dalam penyelenggaraan pendidikan.

Lebih-lebih lagi, untuk menjawab kebutuhan pendidikan tersebut pasar, UT telah resmi ditunjuk pemerintah untuk memimpin konsorsium Lembaga Pendidikan Cyber Indonesia (ICE-I).

ICE-I itu adalah pasar pembelajaran online di Indonesia dilengkapi dengan galeri untuk kursus online.

ICE-I menyediakan ratusan kursus yang bisa diambil dan dikreditkan dalam pendidikan tinggi Indonesia ekosistem (registrasi e-learning nasional) dan terhubung ke pasar kerja menggunakan blockchain.

UT telah berjuang membuktikan diri sebagai universitas mengedepankan kualitas pendidikan jarak jauh untuk hampir empat dekade sejak didirikan1984.

Pada tahun 2018, Kementerian Riset dan Teknologi dan Tinggi Pendidikan mengumumkan UT sebagai tolok ukur nasional penawaran institusi pendidikan tinggi jarak jauh program pembelajaran online.

Selain diamanahkan jadi Universitas Cyber dan salah satu pendiri ICE-I, UT juga diposisikan sebagai pemimpin di Indonesia dalam mempromosikan pembelajaran daring yang berkualitas di dalam negeri.

Pada Oktober 2022, UT telah resmi berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) yang ditandatangani oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Perubahan status itu menjadikan UT memiliki otonomi pengelolaan pembelajaran seumur hidup.

Institusi pendidikan UT ini harus menciptakan sistem lebih gesit dan fleksibel untuk pedagogi online dan mengembangkan inovasi teknologi untuk memberikan pembelajaran kesempatan kepada siswa kurang mampu.

Pendaftaran mahasiswa baru tahun registrasi 2022 akan dibuka sampai dengan 16 Februari 2023.

Sesuai data Rabu (23/11/2022) secara nasional jumlah mahasiswa yang mendaftar mencapai 23.282 orang dan diperkirakan akan terus mengalami peningkatan menjelang penutupan pendaftaran. Saat ini jumlah pendaftar di UT Makassar sebanyak 450 orang.(adv\reskyamaliah).

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved