Ridwan Andi Wittiri Dorong Warga Bantaeng dan Jeneponto Kelola Rumput Laut untuk Peluang Bisnis

Ridwan menyampaikan salah satu faktor yang paling berpengaruh kegiatan budidaya adalah pemilihan lokasi yang harus memperhatikan daya dukung perairan.

Editor: Ari Maryadi
ISTIMEWA
Ketua DPD PDIP Ridwan Andi Wittiri membuka kegiatan Pelatihan Pembuatan Mie Rumput Laut di Hotel Kirei Jalan Raya Lanto Bantaeng Sulsel Sabtu (26/11/2022). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Hampir semua wilayah pesisir Indonesia dapat dimanfaatkan untuk pengembangan budidaya rumput laut sepanjang memiliki lokasi untuk kegiatan budidaya.

Rumput laut merupakan salah satu produk unggulan yang memiliki nilai ekonomis dan strategis untuk peluang usaha yang menjanjikan untuk dikembangkan.

Demikian disampaikan Ridwan Andi Wittiri anggota Komisi Vll DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan.

Ketua DPD PDIP itu didaulat membuka kegiatan Pelatihan Pembuatan Mie Rumput Laut secara daring di Hotel Kirei Jl. Raya Lanto Bantaeng Sulsel Sabtu (26/11/2022).

Ridwan menyampaikan salah satu faktor yang paling berpengaruh kegiatan budidaya adalah pemilihan lokasi yang harus memperhatikan daya dukung perairan.

Tujuannya untuk menopang kehidupan dan pertumbuhan rumput laut secara optimal.

"Banyaknya makanan yang berbahan dasar rumput laut seperti mie dapat menjadikan peluang bisnis dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat," kata Ridwan.

Ridwan mengatakan pengelolaan rumput laut seperti itu dapat dijual sehingga meningkatkan hasil perekonomian untuk masyarakat Sulsel khususnya Kabupaten Bantaeng dan Jeneponto.

Ridwan Andi Wittiri berharap kepada para peserta untuk memperhatikan dan mencermati kegiatan pelatihan ini.

"Karena pihak Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sebagai mitra kami di DPR akan memberikan pembekalan teknik pembuatan mie rumput laut dilanjutkan dengan praktek mengelolanya sampai persiapan hingga kemasannya," ungkapnya.

Kegiatan ini dilaksanakan Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) berupa Bimbingan Teknis.

Peserta diikuti kurang lebih ratusan peserta dari dua Kabupaten di Sulsel yakni Kabupaten Jeneponto di Hotel Ahriani Bantaeng dengan Peserta dari Kabupaten Bantaeng.

Kegiatan ini dihadiri pula Peneliti Utama Pusat Riset Bio Industri Laut dan Darat BRIN Ir. Jamal Basmal dengan para Narasumber dari Tim BRIN.(*)

Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved