DPMPTSP Sleman Beri Kemudahan Pengurusan NIB

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sleman memberikan kemudahan kepada pelaku UMK untuk mengurus Nomor Induk Berusaha.

Editor: Content Writer
DOK TRIBUN TIMUR
Fasilitasi pelaku usaha hippi dan diskop ukm sleman gelar pameran umkm di sch. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sleman memberikan kemudahan kepada pelaku UMK untuk mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB).

Selain agar pelaku UMK memiliki identitas berusaha, NIB juga berdampak pada investasi.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Sleman, Retno Susiati.S.H.,M.M mengatakan NIB merupakan bukti registrasi/pendaftaran pelaku usaha untuk melakukan kegiatan usaha dan sebagai identitas bagi pelaku usaha dalam pelaksanaan kegiatan usahanya.

Semua pelaku usaha usaha baik orang perseorangan atau badan usaha yang melakukan usaha dan/atau kegiatan pada bidang tertentu harus mengurus NIB.

Termasuk pelaku usaha bisa UMK (Usaha Mikro Kecil) maupun non UMK.

"NIB sebagai bentuk kemudahan perizinan berusaha yang berdampak pada peningkatan realisasi investasi. NIB merupakan data periznan dalam satu identitas sehingga dapat mempermudah dan mempercepat proses perizinan berusaha," katanya, Rabu (23/11/2022).

Menurut Retno, kesadaran pelaku UMK di Sleman untuk mengurus NIB tinggi. Namun masih ada anggapan proses mendapatkan legalitas itu rumit, sehingga ada pelaku usaha yang enggan mengurus NIB.

NIB memiliki banyak manfaat bagi pelaku UMK. Tidak hanya sebagai legalitas usaha, pelaku UMKM yang memiliki NIB bisa mendapat pendampingan usaha.

"Pelaku UMKM bisa mendapat kesempatan mengikuti kegiatan pemberdayaan dan mendapatkan pembinaan. Bahkan bisa memperoleh akses permodalan, dan tentunya mendapat kepastian dan perlindungan usaha," terangnya.

DPMPTSP Kabupaten Sleman terus berupaya untuk memberikan kemudahan pengurusan NIB. Selain pendampingan bagi pelaku usaha, pihaknya menyediakan petugas di loket layanan pendampingan OSS.

Layanan konsultasi  OSS melalui WA 089618484322 hingga melakukan sosialisasi perizinan berusaha berbasis risiko kepada pelaku usaha.

"Sebelum membuat NIB, pelaku usaha harus mendaftar hak akses di OSS di laman www.oss.go.id. Ikuti saja alurnya, waktu pengurusan itu sekitar 5-10 menit, tentu kalau berkas lengkap," terangnya.

"Bagi pelaku usaha yang kesulitan mendaftar secara mandiri, bisa menghubungi kami. Kami siap membantu," lanjutnya.

Ia berharap kemudahan-kemudahan yang diberikan dapat semakin meningkatkan kesadaran pelaku usaha untuk mengurus izin.

Proses perizinanan melalui OSS dalam penerbitan NIB sangat mudah, dan dapat diakses oleh pelaku usaha dimana saja dan kapan saja.

"Bagi UMKM yang memiliki risiko rendah cukup NIB, risiko menengah rendah berupa NIB dan pernyataan mandiri, risiko menengah tinggi berupa NIB dan Sertifikat Standar yang terverifikasi, dan risiko tinggi berupa NIB dan Izin. Tentunya pelaku usaha juga harus memenuhi persyaratan dasar sebagai kewajiban yang harus dipenuhi," imbuhnya.(adv\reskyamaliah).

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved