Pemilu 2024

KPU Barru Buka Pendaftaran PPK Pemilu 2024, Cek Syarat dan Cara Pendaftaran

KPU Barru membutuhkan sebanyak 35 PPK Pemilu 2024 yang tersebar di tujuh kecamatan di Kabupaten Barru. 

Penulis: Darullah | Editor: Hasriyani Latif
TRIBUN-TIMUR.COM/DARULLAH
Komisioner KPU Barru Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Lilis Suryani. KPU Barru membuka pendaftaran anggota badan Ad Hoc di tingkat kecamatan atau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). 

TRIBUNBARRU.COM, BARRU - KPU Barru membuka pendaftaran anggota badan Ad Hoc di tingkat kecamatan atau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024

Pendaftaran dibuka selama 10 hari, mulai 20-29 November 2022.

Komisioner KPU Barru Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Barru Lilis Suryani memaparkan persyaratan sebagai PPK sebagaimana tertuang dalam PKPU no 8 tahun 2022 Pasal 35.

Adapun persyaratan tersebut yaitu berwarga negara Indonesia, berusia paling rendah 17 tahun, setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945, mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil.

Selain itu, calon PPK tidak diperbolehkan menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah.

Atau setidaknya calon PPK sekurang-kurangnya dalam waktu lima tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik yang bersangkutan.

Calon PPK harus berdomisili dalam wilayah kerja PPK, PPS dan KPPS. Harus mampu secara jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika. Peserta berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas atau sederajat.

Peserta juga diharuskan tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara lima tahun atau lebih.

Pendaftar bisa melakukan pendaftaran secara online melalui aplikasi SIAKBA https://siakba.kpu.go.id/login.

SIAKBA merupakan aplikasi berbasis website yang membantu proses dalam pendaftaran anggota KPU dan badan Ad Hoc.

KPU Barru membutuhkan sebanyak 35 PPK Pemilu 2024 yang tersebar di tujuh kecamatan di Barru

Sementara, jumlah PPS yang dibutuhkan sebanyak 165 yang tersebar di 55 desa/ kelurahan.

Menurutnya SIAKBA juga digunakan sebagai pendaftaran mandiri calon anggota PPK dan PPS dengan mengisi data pendaftaran dan mengunggah persyaratan secara digital.

Artinya siapapun calon yang berminat harus membuat akun SIAKBA.

Halaman
123
Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved