Muktamar Muhammadiyah

Anies Baswedan Jadi Satu-satunya Figur Capres 2024 Absen Pembukaan Muktamar Muhammadiyah

Anggota panitia Muktamar Muhammadiyah, Bambang Sukoco membenarkan Anies Baswedan tak hadir pembukaan Muktamar Muhammadiyah di Solo

Editor: Ari Maryadi
Tribunnews
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu tidak terlihat kehadirannya di Pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (19/11/2022). 

TRIBUN-TIMUR.COM -- Sejumlah figur kandidat potensial calon presiden 2024 ikut hadir Pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (19/11/2022).

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak terlihat kehadirannya di pembukaan forum tertinggi Muhammadiyah itu.

Padahal sederet tokoh-tokoh penting hadir acara yang dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

Sejumlah tokoh penting itu antara lain menteri, mantan menteri, ketua umum partai, hingga nama-nama yang digadang bakal maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Anggota panitia Muktamar Muhammadiyah, Bambang Sukoco membenarkan jika mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu tak hadir pembukaan.

"Kadose mboten (kelihatannya tidak hadir)," katanya saat dihubungi TribunSolo.com, Sabtu (19/11/2022).

Adapun jajaran menteri kabinet Indonesia bersatu yang hadir misalnya, terlihat kehadiran Menko PMK Muhadjir Effendy, Menkopolhukam Mahfud MD, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga hadir di lokasi tersebut.

Kemudian nama-nama yang digadang bakal maju di Pilpres 2024 antara lain Ketua DPR RI Puan Maharani, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Empat nama tersebut selalu masuk dalam daftar survey elektabilitas capres dari beberapa lembaga survei. Termasuk Anies Baswedan.

Hanya saja, Anies Baswedan yang sudah diusung oleh Partai Nasdem sebagai calon presiden tak nampak hadir dalam perhelatan akbar lima tahunan itu.

Yang punya hajat, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Ketua Umum PP Aisyiyah Siti Noordjanah Djohantini tampak menyambut semua tamu.

Dalam sambutannya, Haedar Nashir menyapa para tokoh yang datang. 

"Alhamdulillah hari ini Muhammadiyah dan Aisyiyah dapat membuka Muktamar ke-48, Muktamar Surakarta ini tertunda karena musibah covid-19," kata Haedar Nashir, Sabtu (19/11/2022). 

Halaman
123
Sumber: Tribun Solo
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved