Piala Dunia 2022

Di KTT G20 Bali Presiden FIFA 'Telan Ludah Sendiri' Usai Pernyataan Terkait Piala Dunia 2022

Gianni Infantino dinilai berbicara di KTT G20 Bali yang berseberangan dengan pernyataan resmi FIFA sebelumnya menyangkut Piala Dunia 2022.

Editor: Alfian
FIFA
Presiden FIFA Gianni Infantino mendesak para pemimpin dunia untuk menyerukan gencatan senjata dalam perang Rusia melawan Ukraina saat hadir di KTT G20 Bali selama Piala Dunia 2022 yang dimulai pekan ini. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Pernyataan Presiden FIFA Gianni Infantino saat hadir di KTT G20 Bali mendapat sorotan tajam dari media asing.

Gianni Infantino dinilai berbicara di KTT G20 Bali yang berseberangan dengan pernyataan resmi FIFA sebelumnya menyangkut Piala Dunia 2022.

Saat hadir di KTT G20 Bali, Selasa (15/11/2022), Presiden FIFA Gianni Infantino mendesak para pemimpin dunia untuk menyerukan gencatan senjata dalam perang Rusia melawan Ukraina selama Piala Dunia 2022 yang dimulai pekan ini.

Pernyataan Gianni Infantino ini hanya beberapa hari setelah meminta tim Piala Dunia untuk menghindari isu politik dan hak asasi manusia.

Jelang bergulirnya Piala Dunia 2022 memang beberapa tim menyerukan dukungan HAM atas adanya tuduhan Qatar melakukan pelanggaran kepada para buruh migran.

Selain itu isu lainnya yang muncul yakni beberapa negara meminta Timnas Iran dibanned karena melakukan pelanggaran HAM berat.

FIFA pun bereaksi dan meminta seluruh pihak termasuk tim peserta fokus ke Piala Dunia 2022 semata.

Dilansir dari cascadiadaily.com, Jumat (18/11/2022), Gianni Infantino pun tampaknya menyimpang dari nasihatnya sendiri dalam perjalanan dari Teluk Arab ke Indonesia untuk pertemuan KTT G20 Bali.

Piala Dunia yang dimulai hari Minggu bisa menjadi, “pemicu positif itu,” kata Infantino, untuk mencari perdamaian setelah hampir sembilan bulan dari apa yang digambarkan FIFA sebagai “konflik di Rusia dan Ukraina.”

"Kami tidak naif untuk percaya bahwa sepak bola dapat menyelesaikan masalah dunia," kata presiden FIFA kepada delegasi dari negara-negara kelas berat politik dunia.

“Jadi permohonan saya, kepada Anda semua, adalah memikirkan gencatan senjata sementara, selama satu bulan, selama Piala Dunia FIFA,

"Atau setidaknya penerapan beberapa koridor kemanusiaan, atau apa pun yang dapat mengarah pada dimulainya kembali perang. dialog sebagai langkah pertama menuju perdamaian,” kata Infantino.

Proposal tersebut menggemakan tujuan Gencatan Senjata Olimpiade pembaruan tradisi modern yang didukung oleh PBB untuk menghentikan pertempuran dan memberikan jalan yang aman ke pertandingan di Yunani kuno.

Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari, empat hari setelah upacara penutupan Olimpiade Musim Dingin Beijing.

Halaman
1234
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved