Balai Pelayanan Kesehatan

Balai Pelayanan Kesehatan Dinkes Sulsel Kini Dilengkapi Laboratorium dan IGD

Balai Pelayanan Kesehatan yang telah berdiri sejak tahun 2009 ini juga dilengkapi dengan laboratorium untuk pemeriksaan hematologi rutin.

Penulis: Faqih Imtiyaaz | Editor: Hasriyani Latif
TRIBUN-TIMUR.COM/FAQIH IMTIYAAZ
Balai Pelayanan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) di kantor Gubernur Sulsel. Balai Pelayanan Kesehatan yang telah berdiri sejak tahun 2009 ini juga dilengkapi dengan laboratorium untuk pemeriksaan hematologi rutin. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Balai Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) terus menghadirkan layanan terbaik untuk masyarakat. 

Bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, Balai Pelayanan Kesehatan yang terletak di Kawasan Kantor Gubernur Sulsel ini menyediakan fasilitas layanan dokter umum.

Layanan ini hadir untuk konsultasi pemeriksaan umum dan dokter gigi untuk layanan konsultasi, cabut gigi, perawatan gigi, pembersihan karang gigi (scaling) dan perawatan saluran akar gigi (endo). 

Selain itu, Balai Pelayanan Kesehatan yang telah berdiri sejak tahun 2009 ini juga dilengkapi dengan laboratorium untuk pemeriksaan hematologi rutin.

Kemudian pemeriksaan kimia darah, urine rutin, imunologi, tes kehamilan, hingga pemeriksaan SWAB Antigen Covid-19.

Kepala Balai Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan drg Aisyah Ahmad mengatakan peningkatan fasilitas untuk menjamin kualitas pelayanan kesehatan bagi para pegawai Pemprov Sulsel, pensiunan maupun masyarakat umum.  

"Peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat umum khususnya pegawai Pemprov Sulsel beserta keluarga, para pensiunan maupun masyarakat umum yang sesuai dengan aturan BPJS," jelas drg Aisyah Ahmad, Kamis (10/11/2022).

Drg Aisyah melanjutkan, Balai Kesehatan ini juga sudah dilengkapi layanan poli kesehatan ibu dan anak untuk pemeriksaan ibu hamil (ANC), pemeriksaan USG, pelayanan suntik KB, implan, IUD spiral, pelayanan imunisasi tetanus dan imunisasi balita. 

Tidak ketinggalan, pasien juga dapat langsung memperoleh layanan obat melalui apotek. 

"Di masa pandemi ini, dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat didukung tenaga ahli kesehatan profesional," kata drg Aisyah Ahmad.

"balai kesehatan ini juga melaksanakan vaksinasi Covid-19, pelayanan sunat/khitanan, pemeriksaan EKG, serta yang paling penting adanya fasilitas Instalasi Gawat Darurat (IGD)," sambungnya.

Dokter umum sekaligus Kepala Urusan Tata Usaha Balai Kesehatan Dinkes Sulsel dr Muhammad Taqwim menyebutkan khusus untuk laboratorium pemeriksaan darah, balai kesehatan ini lebih lengkap dibandingkan fasilitas kesehatan puskesmas.

"Kelebihan fasilitas adalah laboratorium lengkap, kimia daarah, pemeriksaan hematologi rutin, hb, leukosit trombosit, hepaitits, DBD, dibandingkan dengan layanan puskesmas kita lebih di atas, termasuk EKG untuk perekaman fungsi jantung," jelas Taqwim. 

Selain itu, para pegawai maupun masyarakat umum yang fasilitasnya terdaftar di Balai kesehatan ini, juga dapat melaksanakan pemeriksaan tanpa keluhan.

"Kami juga membuat program bagi pensiunan maupun pegawai yang mengidap hipertensi maupun melalui kegiatan pemeriksaan rutin, senam dan edukasi pola hidup sehat bagi pengidap dua penyakit tersebut," tutupnya.(*)

Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved