Disutradarai Makbul Mubarak, BRI Luncurkan Web Series “Modus Operandi”

Edukasi yang dikemas melalui konten hiburan itu diharapkan bisa meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap praktik social engineering.

Penulis: Aningtias Jatmika | Editor: Aditya Mulyawan
DOK. BRI
Web series Modus Operandi merupakan salah satu wujud komitmen BRI untuk terus memberikan edukasi dan literasi kepada masyarakat luas 

TRIBUN-TIMUR.COM - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk meluncurkan web series berjudul Modus Operandi yang dapat disaksikan di kanal Youtube BRI, Jumat (4/11/2022).

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan, edukasi yang dikemas melalui konten hiburan itu diharapkan bisa meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap praktik social engineering

Web series tersebut merupakan salah satu wujud semangat kami untuk terus memberikan edukasi dan literasi kepada masyarakat luas,” ujar Oryza dalam siaran pers yang diterima Tribunnews, Sabtu (5/11/2022).

Untuk diketahui, social engineering merupakan tindak kejahatan yang memanipulasi kondisi psikologis korban untuk membocorkan data pribadi dan data transaksi perbankan.

Pelaku kerap menipu korban melalui beragam media, seperti telepon, short message service (SMS), e-mail, dan media sosial.

Oryza menjelaskan, web series tersebut digarap oleh Makbul Mubarak yang meraih penghargaan Sutradara Terbaik pada Piala Citra 2022.  

Sederet aktor muda berbakat Indonesia digaet untuk beradu akting dalam web series itu, seperti Meerqeen, Yusuf Mahardika, Kristo Immanuel, Diandra Agatha, dan Maudy Effrosina.

Web series berjudul Modus Operandi yang dapat disaksikan di kanal Youtube BRI, Jumat (4/11/2022).
Web series berjudul Modus Operandi yang dapat disaksikan di kanal Youtube BRI, Jumat (4/11/2022). (DOK. BRI)

Adapun Modus Operandi bercerita tentang tiga jurnalis yang menghadapi masalah karier dan asmara. Mereka menyamar sebagai tukang nasi goreng untuk membongkar kejahatan perbankan.

Dalam aksinya, mereka tanpa sengaja bertemu dan bekerja sama dengan seorang pekerja BRI yang juga menyamar untuk mengungkap kasus sama.

Pada kesempatan sama, Meerqeen mengungkapkan bahwa dirinya merasa senang bisa berpartisipasi memerangi kejahatan social engineering melalui web series tersebut.

Aktor muda tersebut juga mengapresiasi langkah BRI yang terus proaktif menjawab keresahan masyarakat terkait social engineering.

“Saya merasa bangga bisa terlibat dalam web series tersebut. Semoga serial ini dapat mengedukasi masyarakat mengenai social engineering sehingga bisa berhati-hati dalam menjaga kerahasiaan data pribadi,” ujar Meerqen.

Untuk diketahui, web series Modus Operandi terdiri atas lima episode. Masing-masing episode berdurasi sekitar 15-20 menit. Kisah petualangan tiga jurnalis itu dibalut dengan nuansa aksi, komedi, dan asmara.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved