Anak Wakil Bupati Luwu Lirik Jabatan Ketua Demokrat Palopo

Dhevy Bijak mengantarkan langsung berkas pencalonan dirinya ke panitia di Sekretariat DPD Partai Demokrat Sulsel, Makassar, Selasa (25/10/2022).

Penulis: Chalik Mawardi | Editor: Saldy Irawan
DOK PRIBADI
Anggota DPR RI, Muh Dhevy Bijak Pawindu (kedua kanan) mendaftarkan diri sebagai Calon Ketua DPC Partai Demokrat Kota Palopo. 

TRIBUNPALOPO.COM, WARA - Anggota DPR RI, Muh Dhevy Bijak Pawindu mencalonkan diri sebagai Calon Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Palopo.

Putra Wakil Bupati Luwu, Syukur Bijak tersebut maju setelah mendapatan dukungan dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kecamatan Partai Demokrat yang ada di Palopo.

Dhevy Bijak mengantarkan langsung berkas pencalonan dirinya ke panitia di Sekretariat DPD Partai Demokrat Sulsel, Makassar, Selasa (25/10/2022).

Dhevy Bijak mengatakan, dirinya maju setelah mengantongi rekomendasi dukungan dari PAC dan memenuhi syarat.

Menurut dia, sesuai mekanisme partai yang diatur dalam Peraturan Organisasi (PO) Nomor 02 Tahun 2021 Pasal 13 poin b ayat 2 tentang bakal calon Ketua DPC Partai Demokrat harus mendapatkan sekurang-kurangnya 20 persen dari jumlah pemegang hak suara.

"Maka berdasarkan acuan itu saya telah memenuhi syarat pencalonan bahkan dukungan yang ada saat ini sudah melebihi persyaratan, sebab syarat minimalnya hanya 20 persen dukungan pemilik hak suara," kata Dhevy Bijak, Rabu (26/10/2022).

Sementara itu, Plt Ketua DPC Partai Demokrat Palopo, Fadriaty AS memastikan tidak akan ikut bertarung di Musyawarah Cabang (Muscab) ini.

Meski begitu, ia tidak menyebut alasannya tidak maju.

"Saya menyatakan tidak bersedia menjadi peserta muscab," tegasnya beberapa waktu lalu.

Enceng, sapaan akrab Fadriaty yang juga Anggota DPRD Sulsel dua periode menjabat sebagai Plt Ketua Partai Demokrat Palopo sejak awal tahun 2018.

Ia menggantikan Khaerul Saad ketika tahapan Pilwalkot berjalan.

Diketahui DPD Partai Demokrat Sulsel membuka pendaftaran secara serentak untuk calon Ketua DPC Partai Demokrat.

Pelaksanaan muscab sendiri hanya akan mengajukan calon ketua sebanyak-banyaknya 3 calon ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat.

Selanjutnya DPP Partai Demokrat melakukan fit and proper test terhadap Calon Ketua DPC Partai Demokrat hasil muscab. 

Ketua DPC terpilih akan ditetapkan oleh tim lima yang terdiri dari tiga orang unsur DPP Partai Demokrat (Ketua Umum, Sekjen dan Kepala BPOKK) dan dua orang unsur DPD Partai Demokrat (Ketua dan Sekretaris).

Muscab rencananya digelar secara serentak di Makassar tanggal 3-5 November 2022.(*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved