Pilpres 2024

Meski Dapat Teguran PDIP, Ganjar Pranowo Nyatakan Tetap Siap Capres 2024, Berpeluang Lawan Anies

Ganjar Pranowo tidak mengubah pernyataannya, dirinya sebagai kader harus siap jika diberi tugas maju calon presiden dari partai

Editor: Ari Maryadi
KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO
Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI-P Komarudin Watubun (kiri), Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (tengah), dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) menggelar jumpa pers di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (24/10/2022). Kehadiran Ganjar diketahui untuk memenuhi panggilan Bidang Kehormatan DPP PDI-P untuk klarifikasi atas pernyataannya yang siap maju sebagai capres. (KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO) 

TRIBUN-TIMUR.COM -- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tidak mengubah pernyataannya, dirinya sebagai kader harus siap jika diberi tugas maju calon presiden dari partai.

Pernyataan itu diungkapkan Ganjar Pranowo setelah dipanggil oleh Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan Komarudin Watubun dan Sekretaris Jenderal DPP PDI-P Hasto Kristiyanto pada Senin (24/10/2022).

Pemanggilkan berkaitan klarifikasi Bidang Kehormatan PDI Perjuangan kepada Ganjar setelah memberi pernyataan siap maju capres jika ditugaskan partai.

"Oh gini. Saya orang diklat. Semua kader mesti siap. Apapun," kata Ganjar kepada wartawan di Kantor DPP PDIP Jalan Diponegoro, Jakarta, Senin, dikutip dari Kompas.com.

Akan tetapi, orang nomor satu Jateng itu tidak mau mendahului keputusan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Bagi Ganjar, penetapan capres dan cawapres 2024 wewenang sepenuhnya Megawati.

Ganjar menyerahkan sepenuhnya keputusan penentuan capres dan cawapres kepada Megawati.

"Tapi keputusan ada di ketua umum dan itu adalah keputusan kongres dan semua kader harus ikut," ujarnya.

Jika maju calon presiden di Pilpres 2024, maka Ganjar Pranowo berpeluang jadi calon lawan Anies Baswedan maupun Prabowo Subianto.

Tegaskan kader partai Usai dijatuhkan sanksi teguran lisan, Ganjar menunjukkan keseriusannya sebagai seorang kader PDI-P.

Salah satu keseriusan itu adalah mematuhi dan mengikuti keputusan Megawati terkait pencapresan.

Keseriusan itu ditunjukkan Ganjar dengan menunjuk baju yang dikenakannya saat itu, yaitu seragam berwarna merah berlambangkan banteng moncong putih.

"Pak Sekjen sudah bicara, lihat baju saya, semua keputusan terkait pilpres adalah keputusan ketum. Jadi semua pasti akan mengikuti. Dan saya orang yang setuju," kata Ganjar sembari menunjuk baju yang dipakainya.

Ganjar Pranowo kemudian mengungkapkan skala prioritas PDI Perjuangan saat ini, yaitu turun ke bawah membantu masyarakat.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved