Pilpres 2024

Belum Direstui PDIP Maju Capres, Ganjar Pranowo Ungguli Anies Capres Paling Dipilih Pemilih Nasdem

Belum direstui PDIP, Ganjar Pranowo rupanya mengungguli Anies Baswedan jadi figur calon presiden paling dipilih para pemilih Partai Nasdem

Editor: Ari Maryadi
KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat jumpa pers di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (24/10/2022). Kehadiran Ganjar diketahui untuk memenuhi panggilan Bidang Kehormatan DPP PDI-P untuk klarifikasi atas pernyataannya yang siap maju sebagai capres.(KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO) 

TRIBUN-TIMUR.COM -- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo belum mendapat restu dari PDI Perjuangan maju calon presiden 2024.

Orang nomor satu Jateng itu mendapat sanksi teguran lisan dari PDI Perjuangan setelah mengeluarkan pernyataan siap maju capres 2024.

Belum direstui di rumahnya, Ganjar Pranowo rupanya mengungguli Anies Baswedan jadi figur calon presiden yang paling dipilih oleh para pemilih Partai Nasdem versi Survei Litbang Kompas.

Padahal Partai Nasdem di bawah komando Surya Paloh telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden usungan di Pilpres 2024.

Litbang Kompas melakukan jajak pendapat pada 24 September hingga 7 Oktober 2022.

Hasil jajak pendapat menunjukkan, nama Ganjar Pranowo menempati urutan pertama dengan elektabilitas 26,9 persen.

Angka itu meningkat sekitar 5 persen ketimbang survei yang sama pada Juni 2022. Kala itu, Ganjar Pranowo dipilih oleh 21,6 persen responden pemilih Partai Nasdem.

Peneliti Litbang Kompas Yohan Wahyu mengungkapkan, hasil itu menunjukkan bahwa relasi antara Partai Nasdem dan Anies Baswedan belum cukup kuat.

Pasalnya, Anies adalah capres yang telah diusung oleh Partai Nasdem.

Tetapi, keputusan itu nampak belum diikuti oleh para kader di bawah.

“Dari sisi responden Partai Nasdem, nama Anies Baswedan justru berada di urutan ketiga yang paling banyak dipilih oleh pemilih partai ini dengan raihan elektoral mencapai 15,4 persen,” ungkap Yohan dikutip dari Harian Kompas, Selasa (25/10/2022).

Selain Ganjar, pemilih Partai Nasdem juga lebih banyak memilih Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Nama Prabowo berada di urutan kedua dengan elektabilitas 17,3 persen.

“Tiga nama, baik Ganjar, Prabowo, maupun Anies, memang sebangun dengan pilihan publik secara umum terhadap bursa calon presiden,” ujar Yohan Wahyu.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved