Pilpres 2024

Siap Maju Capres, Ganjar Pranowo: Bangsa Ini Terlalu Besar Diurus Sendirian

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan, untuk membangun bangsa, dibutuhkan kebersamaan, salah satunya membangun kerjasama antarpartai

Editor: Ari Maryadi
Tribun Timur
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan diri siap maju calon presiden 2024. Orang nomor satu Pemprov Jateng itu menyampaikan, untuk membangun bangsa, dibutuhkan kebersamaan, salah satunya dengan membangun kerja sama antar-partai politik. 

TRIBUN-TIMUR.COM -- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan diri siap maju calon presiden 2024.

Orang nomor satu Pemprov Jateng itu menyampaikan, untuk membangun bangsa, dibutuhkan kebersamaan, salah satunya dengan membangun kerja sama antar-partai politik.

"Rasa-rasanya bangsa ini terlalu besar untuk diurus sendirian, ada banyak multi-dimensi persoalan yang ada di sana dan membutuhkan kebersamaan," kata Ganjar dikutip tayangan YouTube BeritaSatu, Selasa (18/10/2022).

Ganjar Pranowo menyampaikan tetap menghormati PDI Perjuangan sebagai partai politik penaungnya.

Meski demikian, mantan anggota DPR RI itu menilai partai politik mesti mempertimbangkan hasil survei yang menurutnya cerminan suara rakyat.

"Terkait dengan realita yang ada di survei dan kemudian semua orang perbincangkan. Kan suara rakyat juga tidak boleh diabaikan," kata Ganjar.

Ganjar mengatakan, di sisi lain, dia juga menunggu langkah konsolidasi PDI-P untuk membangun kerja sama politik pada Pemilu 2024.

Adapun PDI-P hingga kini belum memutuskan siapa partai politik yang bakal bekerja sama dengannya.

Namun, Ganjar mengingatkan bahwa PDI-P bisa mengusung calon sendiri karena menjadi partai pemenang Pemilu 2019.

"Tentu saja karena hanya PDI Perjuangan yang bisa mengusung sendirian dan partai-partai lain harus bergabung," ujar dia.

Nama Ganjar mewarnai survei terkait elektabilitas calon presiden 2024.

Salah satunya, hasil survei Indikator Politik Indonesia menempatkan Ganjar di peringkat pertama dengan elektabilitas mencapai 29 persen apabila maju sebagai capres 2024.

Dalam survei dengan simulasi 19 nama ini, elektabilitas Ganjar jauh berada di atas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang berada di posisi kedua dengan raihan 19,6 persen dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 17,4 persen.

“Ganjar Pranowo seorang diri berada pada grade teratas,” ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi dalam konferensi pers, Minggu (2/10/2022).

Sementara itu, survei yang diselenggarakan Litbang Kompas pada 26 Mei-4 Juni 2022 menunjukkan, elektabilitas Ganjar terus meningkat dalam beberapa waktu terakhir.

Berdasarkan survei ini, elektabilitas Ganjar berada di angka 22 persen, naik dibandingkan 20,5 persen pada Januari 2022.

(Sumber: Kompas.com/Nicholas Ryan Aditya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Nyatakan Siap Jadi Capres, Ganjar: Suara Rakyat Tak Boleh Diabaikan ", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2022/10/19/13430791/nyatakan-siap-jadi-capres-ganjar-suara-rakyat-tak-boleh-diabaikan.

Sumber: Kompas.com
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved