Unhas

Unhas Peringkat Keenam Perguruan Tinggi Terbaik se - Indonesia versi THE WUR

Universitas Unhas peringkat keenam perguruan tinggi terbaik se-Indonesia berdasarkan Times Higher Education ( THE ).

Penulis: Faqih Imtiyaaz | Editor: Sudirman
dok Unhas
Rektor Universitas Hasanuddin, Prof Jamaluddin Jompa. Universitas Hasanuddin ( Unhas ) peringkat keenam perguruan tinggi terbaik se-Indonesia berdasarkan Times Higher Education ( THE ) melalui THE World University Rankings (WUR) 2023. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Universitas Hasanuddin ( Unhas ) peringkat keenam Perguruan Tinggi terbaik se-Indonesia berdasarkan Times Higher Education ( THE ) melalui THE World University Rankings (WUR) 2023.

Rektor Universitas Hasanuddin Prof Jamaluddin Jompa mengaku sangat bersyukur mampu bersanding dengan kampus terbaik lainnya di Indonesia.

“Kami sangat bersyukur dan tentu semua sivitas akademika Unhas bergembira atas pencapaian ini,” ujar Prof Jamaluddin Jompa saat di hubungi via Whatsapp, Senin (17/10/2022).

Baca juga: Unhas Berpartisipasi pada Indonesian Education Fair di Dili Timor Leste

Baca juga: Catat Tanggal BKGN 2022! Yuk, Warga Makassar Bisa Cabut Gigi Hingga Scaling Gratis di RSGM Unhas-UMI

Ia menilai pencapaian ini tidak lepas dari usaha bersama yang dilakukan oleh semua sivitas akademika Unhas.

Beberapa terobosan telah dilakukan oleh Rektor Universitas Hasanuddin dalam berbagai episode seperti penguatan kelembangaan, transformasi digital, internasionalisasi, dan kemandirian.

Selain itu, Rektor telah membentuk UPR (Unit Peningkatan Reputasi) agar Unhas bisa lebih fokus mengenai masalah pemeringkatan.

"Saat ini, UPR telah melaksanakan program penginputan data untuk memenuhi syarat agar dapat mengikuti THE Ranking 2024," kata Prof Jamaluddin Jompa

Dijelaskan, tujuan universitas bergengsi di dunia adalah memberikan layanan pendidikan dan penelitian berkualitas tinggi mutakhir dengan standar global.

Dalam pemeringkatan THE WUR,  bobot yang dinilai yakni lingkungan belajar (40 persen), penelitian (30 % ), pengaruh riset/citation (30 % ), international outlook (7,5 % ), dan transfer pengetahuan (2,5 % ).

"Penilaian THE WUR menunjukkan bahwa Unhas telah berhasil menyediakan sarana dan prasarana pendidikan berkelas internasional. Disaat yang sama, para sivitas akademika Unhas pun semakin antusias dan bersemangat melakukan penelitian yang berkualitas, terbukti dengan sitasinya yang tergolong tinggi, Hal itu kemudian berpengaruh positif pada persepsi dunia internasional," kata Prof Jamaluddin Jompa

"Wajar bila posisi Unhas juga semakin menempati urutan teratas di antara universitas terbaik di Asia Tenggara," lanjutnya

Kepala Pusat Peningkatan Reputasi Prof Rohani AR tak mampu menyembunyikan kebahagian mengetahuan bahwa Unhas menempati peringkat enam versi THE WUR.

“Kita patut bersyukuri karena dari seluruh universitas yang ada di Indonesia, hanya 18 universitas yang memenuhi syarat untuk dinilai, dan salah satunya adalah Unhas,” ujar Prof Rohani.

Menurutnya, prestasi ini begitu luar biasa sebab bersaing dengan IPB, Undip, dan UB.

Melalui pemeringkatan ini, Unhas makin terpacu untuk terus berbenah.

Prof Rohani membeberkan salah satu strategi  memperbaiki performa Unhas di kancah nasional maupun internasional dengan mendorong para dosen untuk mempublikasi tulisan di jurnal yang lebih berkualitas dan open access.

"Segala jenis publikasi yang tidak online akan diminimalkan, dan didorong untuk publikasi jurnal ilmiah yang open acces," ujar Prof Rohani

Prof Rohani mengaku rektor Unhas memberikan target pada Pusat Peningkatan Reputasi Unhas untuk masuk universitas minimal peringkat 500 terbaik dunia.

“Dan itu juga telah menjadi cita cita saya sejak diberi Amanah sebagai ketua Pusat Peningkatan Reputasi Unhas,” tutup Prof Rohani.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved